Penambahan ETLE Statis Diperluas, Tiap Kabupaten di Bengkulu Bakal Pasang 3 Kamera ETLE

Penambahan ETLE Statis Diperluas, Tiap Kabupaten di Bengkulu Bakal Pasang 3 Kamera ETLE

Petugas ETLE saat memasang kamera ETLE di Sawah Lebar Kota Bengkulu--(foto: rio susanto/bengkuluekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahun 2024 mendatang, penindakan pelanggaran lalu lintas oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu dan Satlantas Polres jajaran akan terus ditingkatkan.

Bahkan, sebagai upaya untuk penindakan yang dilakukan secara statis ini, pihaknya akan menambah kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang akan dipasang sejumlah titik traffic light yang saat ini belum terpasang.

Selain itu, setiap kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu akan dipasang kamera ETLE,  minimal 3 kamera di tahun 2024.

Hal itupun disampaikan langsung oleh Direktur Lalu Lintas Polda Bengkulu Kombes Pol Joko Suprayitno saat ditemui di Polda Bengkulu.

BACA JUGA:Selebgram asal Bengkulu yang Terjerat Kasus UU ITE Divonis Penjara 1 Tahun 2 Bulan

BACA JUGA:Pedagang Sayur Ketangkap Curi iPhone, Ternyata Punya Keahlian Khusus

"Di tahun 2024 rencananya setiap daerah tingkat dua di luar Kota Bengkulu, kami anggarkan 3 kamera ETLE," kata Kombes Pol Joko, Kamis (22/6/2023).

Masih kata Dirlantas Polda Bengkulu, penambahan kamera ETLE Statis ini tentunya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas. 

Sampai saat ini, selain ETLE Statis jajaran Satlantas Polres di lingkungan Polda Bengkulu baru memberlakukan penilangan secara ETLE Mobile.

Sedangkan untuk penerapan tilang manual diberlakukan pada kendaraan yang melakukan pelanggaran seperti balap liar dan knalpot brong.

"Dalam penerapannya, penindakan melalui ETLE Mobile juga cukup membantu dalam melakukan penilangan pada para pengendara yang bandel. Sehingga untuk optimalisasi penindakan tersebut, setiap daerah akan dipasang ETLE Statis," ujarnya.

Sementara itu, ia menyebutkan untuk di Kota Bengkulu sudah ada 8 kamera ETLE Statis yang telah terpasang disejumlah titik traffic light di Kota Begkulu.

Kemudian ada 3 titik kawasan di Bengkulu yang akan di usulkan di 2023 untuk pemasangan ETLE Statis.

"Dengan ETLE Statis ini kita tidak tertinggal dari daerah-daerah lain, karena kita tahu bahwa Indonesia terlambat menerapkan tilang ETLE. Meski demikian kita tetap mencoba untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat dalam hal ini kedisiplinan dalam berkendara,' tutup Kombes Pol Joko Suprayitno. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: