Beberapa Pekerjaan Ini Berpotensi Hilang Digantikan Robot, Apa Saja Itu?

Beberapa Pekerjaan Ini Berpotensi Hilang Digantikan Robot, Apa Saja Itu?

Pekerjaan manusia digantikan robot-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kemajuan dan kecanggihan teknologi memang tidak bisa kita pungkiri lagi. Bahkan dengan kecanggihan teknologi bisa membuat suatu pekerjaan seseorang akan hilang karena akan tergantikan oleh teknologi robotik.

Terutama Menyasar pada bidang industri, sudah banyak pekerjaan manusia yang telah digantikan oleh robot. Di sekeliling kita, mulai banyak ditemukan restoran dengan pramusaji otomatis atau robot

Bahkan pabrik-pabrik sudah meningkatkan kualitas mesinnya sehingga pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat dan sumber daya manusia yang sedikit. Ke depannya, apakah pekerjaan manusia tergantikan oleh robot?

Menurut Laporan BBC pada 2019 lalu menyatakan bahwa akan ada 20 juta pekerjaan manufaktur yang akan diambil alih oleh robot. Berdasarkan analisis dari Oxford Economics, hal ini akan terjadi pada tahun 2030 mendatang. Tahun di mana Gen Z sudah memasuki angkatan kerja!

Analisis yang sama juga mengatakan, wilayah yang rentan tergantikan oleh robot adalah wilayah yang memiliki pekerjaan dengan keterampilan rendah, ekonomi lemah, dan tingkat pengangguran tinggi.

BACA JUGA:Sold Out! Galaxy Z Flip5 & Z Fold5 Nusantara Edition yang “Indonesia Banget” Diburu Konsumen

Pekerjaan apa saja yang akan digantikan dengan robot? dilansir dari situs Computerhope, berikut daftarnya.

10 Pekerjaan yang Akan Digantikan oleh Robot

1. Kasir

Profesi kasir kini sudah banyak digantikan oleh robot. Beberapa toko bahkan telah memasang mesin self-checkout di mana pelanggan bisa melakukan pembayaran sendiri.

Manusia mungkin masih dibutuhkan, tetapi hanya sebagai pengawas. Tapi hanya beberapa orang saja yang bisa terpilih menjadi pengawas operator.

BACA JUGA:Meluncur Agustus 2023, Xiaomi Mix Fold 3 Dibekali Layar Lipat dengan Kamera Leica

2. Bagian Perakitan dan Pekerja Pabrik

Pabrik-pabrik besar sudah menerapkan robot di hampir semua lini pekerjaan. Komputer bahkan sudah bisa merakit produk rumit seperti mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: