Modus Tipu-tipu Pembelian Pupuk Sawit, Warga Lahat Ditangkap Saat Bersama Anak dan Istri di Bengkulu

Modus Tipu-tipu Pembelian Pupuk Sawit, Warga Lahat Ditangkap Saat Bersama Anak dan Istri di Bengkulu

Tim opsnal Polsek Kampung Melayu saat melakukan penangkapan terhadap pelaku penipuan dan penggelapan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Seorang warga Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan diringkus Tim Opsnal Polsek Kampung Melayu karena melakukan penipuan dan penggelapan terhadap salah satu toko pupuk di Kota Bengkulu.

Dijelaskan Kapolsek Kampung Melayu Polresta Bengkulu AKP Rahmat, pelaku berinisial JE (31) ini melancarkan aksinya dengan modus membeli pupuk tanaman jenis kelapa sawit seharga Rp 13 juta. 

Namun dalam pelaksanaannya, pelaku JE tak membayarkan uang pembelian pupuk tersebut ke pemilik atas nama Jogy (42) warga Kelurahan Kandang Mas, Kampung Melayu Kota Bengkulu.

Karena tak ada niat baik untuk membayar, pemilik toko pun melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kampung Melayu guna ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Toko Bangunan Dieksekusi Juru Sita, Pemilik Beri Perlawanan

BACA JUGA:Waspada! Satu Tersangka Hipnotis Batu Merah Delima Belum Tertangkap, Polisi Tetapkan DPO

“Pelaku mulanya mengambil pupuk sebanyak 270 Kg dengan total uang Rp 8,5 juta. Lalu mengambil lagi pupuk dengan total ratusan Kilogram senilai Rp 10 juta lebih. Tapi saat ditagih, pelaku mengelak dan tak mau bayar,” kata Kapolsek Kampung Melayu.

kata AKP Rahmat, peristiwa penipuan dan penggelapan ini berlangsung sejak Februari 2023 lalu. 

Selama kurun waktu 4 bulan, antara pelaku dan korban tak saling bertemu. Bahkan pelaku sempat mencari cara untuk menghilang dengan tidak mengaktifkan nomor ponselnya.

Setelah dilakukan penyelidikan, anggota Polsek Kampung Melayu mengetahui keberadaan pelaku di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Namun setibanya di Kabupaten Seluma, tim opsnal melihat mobil pelaku tengah melaju ke Kota Bengkulu. Sehingga dilakukan pembututan.

“Akhirnya setelah dilakukan pembuntutan, kita amankan pelaku di Sawah Lebar Kota Bengkulu. Terhadap pelaku langsung kota gelandang ke Polsek Kampung Melayu,” tutup AKP Rahmat.

BACA JUGA:Polres Bengkulu Utara Amankan 5 Tersangka Pemakai Narkoba, Pesan Barang Secara Online dan Sistem Peta

BACA JUGA:Wow! Mobil Terbang Pertama di Dunia Harganya Rp4,5 Miliar, Ini Spesifikasinya

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku. Pihaknya berhasil mengamankan 3 karung pupuk kelapa sawit, sisa dari penjualan pupuk milik toko Jogy dan 1 unit mobil. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: