Aplikasi Threads Tiba-tiba Muncul Sebagai Pesaing Twitter, Benarkah?

Aplikasi Threads Tiba-tiba Muncul Sebagai Pesaing Twitter, Benarkah?

Aplikasi Threads Tiba-tiba Muncul Sebagai Pesaing Twitter-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Baru-baru ini dihebohkan dengan kehadiran aplikasi baru yang tiba-tiba muncul di Play Store dari Meta yang bernama Threads. Aplikasi ini diindikasikan sebagai pesaing Twitter

Menariknya, aplikasi ini menampakkan diri saat Twitter sedang mengalami masalah akibat kebijakan baru Elon Musk. Dikutip dari detikinet Penampakan aplikasi Threads di Play Store pertama kali dilaporkan oleh developer Alessandro Paluzzi pada Sabtu (1/7) kemarin.

Tapi tidak lama kemudian aplikasi itu menghilang dari Play Store, yang mengindikasikan ada kesalahan dari pihak Meta.

Sehari setelahnya, Paluzzi juga membagikan tautan download APK Threads. Namun sebagian besar pengguna yang mencoba menginstal APK tersebut mengalami kendala saat login karena belum diizinkan oleh Threads.

BACA JUGA:Beralih Belanja di WhatsApp Business, Bagaimana Nasib E-Commerce?

BACA JUGA:Hindari Upaya Peretasan, Negara Ini Imbau Warganya Mematikan HP

Sebelum menghilang, Paluzzi sempat mengambil screenshot dari listing aplikasi Threads di Play Store. Screenshot itu menampilkan beberapa elemen antarmuka, seperti halaman login yang memungkinkan pengguna mendaftar menggunakan akun Instagram-nya.

Selain itu, ada juga daftar akun Instagram yang diikuti oleh pengguna, dan mereka bisa memilih akun apa saja yang ingin diikuti di Threads, seperti dikutip dari The Verge, Senin (3/7/2023).

Secara keseluruhan tampilan aplikasi Threads sangat mirip dengan Twitter. Mulai dari penghitung jumlah karakter saat membuat postingan baru, ikon penjepit kertas untuk menyematkan file, sampai ikon familiar untuk like, repost, membalas, dan membagikan postingan.

Meta sudah mengembangkan Threads sejak awal tahun ini dengan nama internal 'Project 92'. Chief Product Officer Meta Chris Cox bahkan sudah memamerkan aplikasi ini kepada karyawan Meta dalam rapat internal bulan lalu.

"Kami sudah mendengar dari kreator dan public figure yang tertarik memiliki platform yang dijalankan dengan waras," kata Cox saat itu, sambil menyindir Twitter dan Elon Musk.

Belum diketahui kapan aplikasi Threads akan diluncurkan karena Meta masih belum mengumumkan jadwalnya secara resmi. Tapi karena aplikasi ini sudah muncul di Play Store, sepertinya waktu peluncurannya tidak lama lagi. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: