Sering Marah? Ini Cara Rasulullah Mengendalikan Marah

Sering Marah? Ini Cara Rasulullah Mengendalikan Marah

Ilustrasi Marah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Setelah itu, Abu Bakar As Shiddiq bertanya kepada Umar bin Khattab.

"Apakah engkau tidak melihat raut muka Rasulullah?" Tanya Abu Bakar

Setelah itu, Umat langsung melihat ke arah Rasulullah dan berkata, "Aku berlindung kepada Allah dari kemarahan Allah dan rasul-Nya. Kami ridha Allah sebagai Tuhan kami, Islam sebagai agama kami, Muhammad SAW sebagai nabi kami."

Lalu Rasulullah SAW pun bersabda, 

"Demi Dzat yang menggenggam jiwa Muhammad, jika Musa hadir di hadapan kalian, kemudian kalian mengikutinya dan meninggalkanku, maka kalian akan tersesat dari jalan lurus. Bahkan seandainya Musa masih hidup dan menyaksikan kenabianku, niscaya dia akan mengikutiku,".

Dalam kisah lainnya, Rasulullah SAW pernah marah ketiga ada ketentuan Allah SWT yang dilanggar. Salah satunya diceritakan oleh Zaid bin Khalid, dimana saat itu ada sahabat yang menanyakan tindakan apa yang harus dilakukan saat menemukan barang yang tak diketahui pemiliknya.

Mendengar pertanyaan tersebut, kemudian Rasulullah SAW menjelaskan, yang menemukan barang wajib membuat pengumuman dan menunggu selama satu tahun.

Setelah satu tahun dan tidak ada yang mengambil barang tersebut, maka yang menemukan barang tersebut bisa menggunakannya ataupun dijual.

Hanya saja, yang menemukan barang tersebut harus tetap bertanggung jawab, yaitu apabila pemilik barang datang mencari barang tersebut, maka yang menemukan harus mengembalikannya atau menyerahkan uang hasil penjualan kepada pemilik barang.

Rasullah SAW kemudian menjelaskan, bila yang ditemukan adalah hewan peliharaa, maka akan dilihat sejauh mana kemampuan hewan tersebut bertahap hidup.

BACA JUGA:Sering Gempa Termasuk Tanda Kiamat, Berikut Penjelasannya

BACA JUGA:Bermegah-megahan Membangun Masjid Termasuk Tanda Kiamat, Simak Penjelasannya

Bila hewan tersebut beresiko menjadi mangsa, maka yang menemukannya bisa memelihara, menjual bahkan memotongnya.

Namun yang menemukan tetap harus memberikan kompensasi jika pemilik hewan tersebut datang untuk mempertanyakan hewan miliknya. Namun bila hewan tersebut tidak beresiko dimangsa, maka yang menemukannya harus membiarkannya hidup.

Dikisahkan, saat itu wajah Rasulullah SAW berubah menjadi merah karena menahan amarahnya saat menjawab pertanyaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: