Sering Marah? Ini Cara Rasulullah Mengendalikan Marah

Sering Marah? Ini Cara Rasulullah Mengendalikan Marah

Ilustrasi Marah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Marah merupakan bentuk pelampiasan emosi yang dilakukan seseorang atas sesuatu yang tengah dihadapinya.

Prihal marah sendiri, Rasulullah SAW telah mengajarkan umatnya agar bisa mengendalikan emosi saat tengah marah. Sebagai umat Islam kita harus mengetahui apa yang dilakukan Rasulullah SAW untuk menyalurkan amarahnya.

Dalam mengendalikan amarah tersebut, Rasulullah SAW telah memberikan nasehat sebagai mana yang disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 6 Syarat Hewan Kurban sesuai Sunnah

BACA JUGA:Ini Dia Arti Tahi Lalat di 7 Bagian Tubuh, Menurut Tung Shu!

"Dari Abu Hurairah, seseorang bertanya pada Rasulullah SAW, "Ya Rasulullah berilah saya nasihat," Nabi kemudian berkata, "Jangan marah," Dia mengulang pertanyaannya yang selalu dijawab dengan, "Jangan marah." (HR Bukhari).

Saat tengah marah, Rasulullah SAW tidak pernah mengucapkan kata kasar yang terkesan negatif. Hal tersebut dikarenakan, berkata kasar bertentangan dengan pesan Allah SWT yang bersifat halus dan tegas.

Karena sifatnya, saat marah sekalipun, Rasulullah SAW tetap memberikan hasil yang baik untuk umatnya

Dalam Kitab Mama' Az-Zawa'id, dijelaskan bahwa marahnya Rasulullah SAW adalah marah yang tidak berlebihan dan marahnya memiliki tujuan yang jelas.

Dalam kisah lain, disebutkan bahwa saat Umar bin Khattab datang menemui Rasulullah SAW sembari membawa lembaran Kita Taurat. Dalam keterangan Jabir bin Abdillah diungkapkan Umar Bin Khattab datang dan meminta Rasulllah SAW untuk membacanya.

"Wahai Rasulullah ini adalah lembaran dari Kitab Taurat," pinta Umar bin Khattab.

BACA JUGA:3 Syafaat Hari Kiamat yang bisa Didapatkan Umat Islam

BACA JUGA:Agar Hisab di Hari Kiamat Ringan, Baca Doa ini

Mendengar permintaan Umar tersebut, Rasulullah sempat terdiam dan kemudian membaca lembaran Kitab Taurat tersebut hingga raut mukanya berubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: