Ada 2 Pendaftar Tak Lulus Seleksi Administrasi Bawaslu Provinsi Bengkulu, Apa Penyebabnya?

Ada 2 Pendaftar Tak Lulus Seleksi Administrasi Bawaslu Provinsi Bengkulu, Apa Penyebabnya?

27 nama-nama yang lulus seleksi administrasi calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selanjutnya ada advokat atau pengacara, Abdusy Syakir dan Novran Harisa. Novran juga merupakan akademisi yaitu dosen tetap di Univerasitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Lalu ada mantan Ketua KPID Provinsi Bengkulu Ratimnuh. 

Menariknya di sini 2 orang calon anggota KPU Provinsi Bengkulu yang sudah masuk 10 besar yaitu Alpin Samsen dan Debisi Ilhodi ikut mendaftar sebagai calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu. Mereka berdua baru saja mengikuti Fit and Propertest di KPU RI beberapa hari yang lalu untuk menentukan lulus 5 besar KPU Provinsi Bengkulu.

Untuk diketahui, nama-nama yang lulus ini nanti akan mengikuti tahapan seleksi sehingga final hanya akan dipilih 2 orang nama oleh Bawaslu RI untuk melengkapi 3 orang anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu yang sudah diseleksi akhir tahun 2022 lalu. Sementara Timsel hanya akan mengajukan 4 nama ke Bawaslu RI.  Sungguh pilihan yang sulit.

Ketua Timsel Bawaslu Provinsi Bengkulu Elfahmi Lubis saat ditemui di ruang kerjanya mengakui bahwa  nama-nama yang lulus administrasi  ini memiliki latar belakang yang berbeda -beda. 

Namun dalam tahapan seleksi ini pihaknya akan mengedepankan bersikap profesional dan objektif dalam setiap tahapan yang akan dijalani oleh para bakal calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu periode 2023-2028 mendi.

"Kita panitia Timsel Bawaslu Provinsi Bengkulu tidak melihat latarbelakang dari pendaftar, karena kami bekerja atas dasar daripada hasil CAT dan psikologi, kesehatan dan wawancara," tegas Fahmi. 

Ia mengakui, dari 27 nama bakal calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu tersebut ada yang berasal dari penyelenggara pemilu. Namun dirinya tetap akan berpegang teguh pada aturan yang berlaku.

Sehingga dirinya berpesan agar semua bakal calon untuk tetap fokus dan percaya diri. Serta mengedepankan integritas diri sendiri dalam mengikuti tahapan seleksi ini

"Kami tegaskan, semua pendaftar yang lolos ini memiliki peluang yang sama dan yang menentukan lolos tau tidak itu diri sendiri," pungkas Fahmi. 

Sementata itu, tahapan selanjutnya nama-nama yang lulus ini akan mengikuti tes tertulis dan psikologi.

"Setelah diumumkannya nama-nama bakal calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, maka tahapan selanjutnya adalah tes tertulis dan psikologi," katanya. 

Adapun nama-nama yang telah dinyatakan lulus penelitian berkas administrasi selanjutnya akan mengikuti tes tertulis pada Senin- Selasa (22-23 Mei 2023) mendatang, sekira pukul 07.30 wib di UPT BKN Bengkulu, Jalan WR Supratman, Pematang Gubernur, Kota Bengkulu.

Lalu bakal calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu juga harus mengikuti tes Psikologi pada hari Rabu-Kamis tanggal 24-25 Mei 2023 pukul 07.00 WIB, bertempat di Biddokkes Polda Bengkulu, Jalan Adam Malik KM.09 Kota Bengkulu.

Kemudian, membuat makalah personal agar dapat dibawa dan dimasukkan pada saat pelaksanaan tes tertulis sebanyak 5 (lima) rangkap (ketentuan dapat diunduh pada laman https://bengkulu.bawaslu.go.id/).


27 nama-nama yang lulus seleksi administrasi calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: