Jangan Nilai dari Nama, Nikmatnya 'Nasi Kentut' yang Lezat dari Medan

Jangan Nilai dari Nama, Nikmatnya 'Nasi Kentut' yang Lezat dari Medan

Saat ke Medan, nasi kentut mudah ditemukan di berbagai tempat, seperti di permukiman, kawasan kampus hingga pusat perbelanjaan dan tempat wisata-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kuliner nusantara terkenal memiliki cita rasa yang lezat dan memanjakan lidah. Salah satunya adalah Nasi kentut. Nama yang bisa dibilang unik dan nyleneh untuk sebuah makanan namun jika melihatnya, kalian mungkin malah akan tergiur.

Makanan khas Kota Medan ini terlihat seperti hidangan nasi uduk dan biasanya berisi bihun, telur rebus, ikan teri dan beberapa sayuran serta kerupuk. Terbayang kan, bagaimana kelezatannya? Hidangan nasi yang ditemani berbagai lauk pauk ini melewati proses masak yang cukup istimewa.

BACA JUGA:Populer Sering Diucapkan: BH, WC, OK, Tahu Kepanjangannya?

Jika dilihat dari namanya, kuliner satu ini mungkin kedengaran tak enak. Tapi, nasi kentut khas dari Medan, Sumatera Utara ini penuh dengan cita rasa dan menyehatkan.

Nasi kentut diberi nama demikian karena ada bumbu unik yang diberikan, yaitu daun sembukan atau dikenal dengan daun kentut oleh masyarakat setempat. 

Tumbuhan merambat ini dikenal oleh masyarakat Medan memiliki khasiat dapat melancarkan pencernaan, mengatasi perut kembung, bahkan mengobati sakit maag dan sariawan. Karena khasiatnya itu maka tumbuhan itu disebut tanaman kentut.

BACA JUGA:Begini Cara Memanfaatkan Simulasi KPR Buat yang Mau Beli Rumah

Daun ini dipercaya menjadi salah satu faktor yang membantu membuat nasi menjadi pulen dan mengeluarkan aroma lezat.

Tidak hanya soal cita rasa saja, daun kentut ini juga diyakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit loh. Seperti mengobati sariawan, sakit lambung dan mengatasi perut kembung. Banyak manfaatnya bukan?

Nasi kentut biasanya disajikan bersama beragam lauk pauk. Nasinya dibumbui daun sembukan dan rempah lain kemudian dimasak menggunakan daun pisang.

BACA JUGA:Segarnya Es Dawet 'Jembut Kecabut' Khas Purworejo yang Bikin Ketagihan

Lauk pauk yang disajikan antara lain ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur hingga ayam goreng. Sebagai pelengkap bisa ditambahkan sambal terasi atau sambal ijo serta daun kentut sebagai lalapan.

Dengan semua menu itu, tak heran jika nasi kentut disukai banyak orang. Dalam sepiring hidangan, sudah ada menu lengkap dan nikmat yang tersaji.

Yang membuatnya juga disukai, nasi kentut disebut kuliner menyehatkan. Sebab, si daun kentut memiliki beragam manfaat, mulai mengobati segala keluhan yang berhubungan dengan lambung, sebagai obat herbal untuk menyembuhkan cacar ular (Herpes Zooster) dan terbukti meringankan gejala panas dalam seperti sariawan, sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah serta melancarkan peredaran darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: