10 Keutamaan Hari Jumat Dalam Islam

10 Keutamaan Hari Jumat Dalam Islam

masjidil haram arab saudi--

"Allah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy". (Q.S Sajdah:4)

Dalam Tafsir Jalalain disebutkan bahwa 6 hari tersbut dimulai dari hari Ahad, Sehingga akhir penciptaan langit dan bumi dan seisinya adalah pada hari jum’at.

BACA JUGA:Baca Doa Mustajab ini 70 Kali di Hari Jumat, Kata Syekh Ali Jaber Mempercepat Datangnya Rezeki

6. Hari Mustajab untuk Berdoa

Hari Jumat merupakan hari yang mustajab untuk berdoa, sehingga banyak umat muslim yang berdoa pada hari Jumat.

“Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim ).

7.Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan hari Jumat selanjutnya adalah pahala dari amal perbuatan baik kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Keutamaan tersebut terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm, 

"Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’. (Imam al-Syafi’i)

BACA JUGA:Jangan Tinggalkan Doa Khusus Hari Jumat, Kata Ustadz Adi Hidayat Rezeki Terus Mengalir

8. Dikumpulkannya Kedua Orang Tua

Keistimewaan hari Jumat yang ke-8 adalah, Allah akan mmengumpukan kedua orang tua kita. Hal tersebut seperti yang  disampaikan Rasulullah SAW.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu Arafah, telah menceritakan kepada kami Ubaidah ibnu Humaid, dari Mansur, dari Abu Ma’syar, dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Qursa’ Ad-Dabbi, telah menceritakan kepada kami Salman, bahwa Abul Qasim Saw. pernah bersabda, “Hai Salman, apakah hari Jumat itu?” Salman menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Maka Rasulullah Saw. bersabda: Hari Jumat itu adalah hari yang padanya Allah menghimpunkan kedua orang tuamu, atau orang tuamu.

9. Meninggal Dihari Jumat akan terhindar dari Fitnah Kubur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: