10 Keutamaan Hari Jumat Dalam Islam

10 Keutamaan Hari Jumat Dalam Islam

masjidil haram arab saudi--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam, bahkan hari Jumat adalah hari terbaik dari semua hari yang ada.

Meskipun hari Jumat merupakan hari terbaik, namun tidak ada hari yang buruk. Karena pada prinsipnya semua hari itu baik untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa keutaman hari Jumat berdasarkan Al Qur'an dan hadist Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Jangan Lupa Baca Doa ini Usai Sholat Jumat, Kata Ustadz Adi Hidayat Hutang Bisa Lunas

1. Disyariatkannya Shalat Jumat

Keutamaan hari Jumat yang pertama adalah adanya Sholat Jumat. Sholat Jumat ini disyariatkan kepada laki-laki. Perintah untuk menunaikan Sholat Jumat tersebut terdapat dalam Al Quran surah Al Jumuah Ayat 9

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

(Yā ayyuhallażīna āmanū iżā nụdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu'ati fas'au ilā żikrillāhi wa żarul baī', żālikum khairul lakum ing kuntum ta'lamụn)

Artinya: 

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui"

BACA JUGA:Ini 5 Amalan Khusus di Hari Jumat sesuai Anjuran Rasulullah Kata Ustadz Adi Hidayat

2. Nabi Adam Diciptakan

Keutamaan selanjutnya yang dimiliki hari Jumat adalah hari dimana Nabi Adam AS diciptakan.

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (QSAl-Baqarah: 30)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: