Ini Sosok Kontroversial Panji Gumilang Pendiri Ponpes Al-Zaytun

Ini Sosok Kontroversial Panji Gumilang Pendiri Ponpes Al-Zaytun

panji gumilang--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat tengah jadi sorotan publik lantaran unggahan @kepanitiaanalzaytun terkait pelaksanaan salat Idul Fitri 1444 H. 

Pada konten yang diunggah tersebut, tampak jamaah dibuat jarak. Selain itu, ada jamaah peempuan di posisi paling depan antara jamaah laki-laki. 

Keterangan pada foto tersebut disebut sebagai perayaan Idul Fitri di Masjid Rahmatan Lil’alamin Al-Zaytun Indonesia. Juga disebutkan khutbah Idul Fitri 1444 hijriah disampaikan Prof Abdussalam Rasyidi atau Panji Gumilang yang juga pendiri Ponpes Al Zaytun. 

Siapa Panji Gumilang? Ia adalah pria kelahiran Gresik 76 tahun silam. Pria bernama Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang, MP kerap dipanggil Syekh Panji Gumilang. 

BACA JUGA:Pesantren Al-Zaytun Bikin Geger! Sholat Idul Fitri Laki-laki dan Perempuan Bercampur

BACA JUGA:Hukum Sholat dengan Shaf Campur Laki-laki dan Perempuan

Menurut laman stekom.ac.id, Panji Gumilang adalah pendiri dari YPI. Pria kelahiran Gresik, 30 Juli 1946 ini merupakan alumni dari Pondok Modern Gontor pada 1966. Dia kemudian melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mengambil Fakultas Adab Jurusan Sastra dan Kebudayaan Islam.

Pada 2004, Panji Gumilang dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa bidang Management, Education and Human Resources oleh IMCA (International Management Centres Association).

Menurut jurnal penelitian pendidikan Islam Tabroni Roni (2019), Panji menerapkan Sistem Pendidikan Satu Pipa (One Pipe Education System), yakni sebuah sistem pendidikan formal yang tidak terputus dari tingkat dasar hingga tinggi.

Nama Panji Gumilang sempat beberapa kali menuai kontroversi. Tercatat dia sempat dikaitkan sebagai Imam Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9 pada 2011 lalu.

Namun, Panji yang menjadi pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini dengan tegas membantah dirinya sebagai Abu Toto, seperti apa yang disebut sebagai petinggi NII KW 9.

BACA JUGA:Arus Balik Arah Jakarta di Tol Semarang Padat Merayap

BACA JUGA:Cerita Ariel Noah Mudik Naik Motor: Pergi Pakai Honda CT125 Pulang Tunggangi BMW G310GS

Pada 2017, alumni UIN Syarif Hidyatullah Jakarta itu sempat bermasalah dengan guru-guru di Ponpes Al Zaytun. Kala itu, Panji Gumilang diduga melakukan penghinaan dan pelecehan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: