Kontroversi Ponpes Al Zaytun yang Didirikan Panji Gumilang, Begini Faktanya

 Kontroversi Ponpes Al Zaytun yang Didirikan Panji Gumilang, Begini Faktanya

ponpes al zaytun--

Kontroversi Ponpes Al Zaytun yang Didirikan Panji Gumilang, Begini Faktanya

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ponpes Al Zaytun yang berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat memang kerap menuai kontroversi. 

Ponpes Al Zaytun ini didirikan oleh AS Panji Gumilang, sosok yang juga kerap menuai kontroversi.

Sederet kontroversi dari Ponpes Al Zaytun ini sebenarnya sudah terjadi puluhan tahun yang lalu. Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui bentukan tim peneliti khusus sudah mengungkap sederet fakta dan temuan pada 2002 terkait pesantren ini.

Kontroversi Ponpes Al Zaytun itu ternyata bersangkut erat dengan doktrin ajaran, afiliasi kelembagaan, dan konsep keagamaan yang dipahaminya. Bahkan, beberapa pihak menilai pesantren ini sesat dan berbahaya.

BACA JUGA:Ponpes Al-Zaytun Indramayu Disebut Eksklusif dan Tertutup

BACA JUGA:Amalkan Ini Jelang Azan Subuh, Kata Syekh Ali Jaber Dosa Diampuni dan Rezeki Datang

Berikut fakta-faktanya:

1. Dikenal Tertutup

Ponpes Al-Zaytun sendiri dikenal dengan pesantren yang tertutup. Pesantren di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Indramayu ini bahkan punya kesan eksklusif.

"Memang Al-Zaytun itu kan pesantren di Indramayu, eksklusif kita tidak bisa intervensi apa-apa dan kalaupun kita tidak suka juga susah, levelnya nasional pun kadang tidak ditanggapin gitu," kata Ketua MUI Indramayu KH Satori.

 

2. Sempat Dikaitkan Dengan NII

Al-Zaytun merupakan pesantren yang dibangun oleh Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) pada 13 Agustus 1996. Sosok pendiri Al-Zaytun adalah Panji Gumilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: