Presiden Jokowi Sampaikan Rasa Kecewa dan Sedih, Usai FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Presiden Jokowi Sampaikan Rasa Kecewa dan Sedih, Usai FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Presiden RI Joko Widodo saat membuka turnamen sepak bola di piala presiden beberapa waktu lalu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kekecewaan pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang piala dunia U-20 di Indonesia tak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga Presiden RI Joko Widodo.

Dalam akun sekretariat presiden, Ir Joko Widodo mengumumkan rasa kekecewaannya setelah FIFA resmi membatalkan ajang bergengsi dunia persepakbolaan diselenggarakan di Indonesia.

"Tadi malam saya telah mendapatkan laporan dari ketua umum PSSI, bahwa FIFA telah membatalkan piala dunia U-20 di Indonesia," kata Joko Widodo, Kamis (30/3/2023).

Lanjutnya, meski keputusan ini cukup berat di terima oleh masyarakat Indonesia. Namun sebagai anggota dari FIFA, Indonesia tentunya harus menghormati keputusan tersebut.

BACA JUGA:Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 dan Terancam Sanksi FIFA, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Sosmed Ganjar Pranowo Diserbu Warganet, Buntut Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia

"Tentunya kita harus menghormati keputusan tersebut. Saya tahu keputusan ini membuat masyarakat kecewa, saya pun sama, juga merasakan hal itu kecewa dan sedih," ungkapnya terbata.

Sebagai bangsa yang besar sambung Presiden Jokowi, jadikan ini pembelajaran berharga bagi kita semuanya, bagi persepakbolaan Indonesia.

Ia juga  meminta pada Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk terus berupaya semaksimal mungkin agar sepakbola Indonesia tidak terkena sanksi termasuk kesempatan menjadi tuan rumah dalam event -event internasional lainnya.

"Jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain. Kita harus melihat kedepan dan jangan melihat kebelakang," tutup Joko Widodo.

BACA JUGA:Tangis Pemain Timnas U-20 Indonesia Pecah Usai FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah

Diketahui melalui situs resmi FIFA, pihaknya membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia U-20 dengan berbagai pertimbangan.

Disitus itu pula, FIFA menjelaskan bahwa  Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir telah melakukan pertemuan.  Hasil pertemuan itu, FIFA telah memutuskan, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023. 

Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: