Pencairan Bansos PKH Tahap 1 Akan Dihentikan 6 Hari Lagi, Lakukan ini Jika Bantuan Belum Cair?

Pencairan Bansos PKH Tahap 1 Akan Dihentikan 6 Hari Lagi, Lakukan ini Jika Bantuan Belum Cair?

Termin II PKH Kembali Cair Sebelum Lebaran-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyaluran Bansos PKH tahap 1 melalui bank Himbara masih berlangsung. Targetnya hingga akhir Maret ini. Artinya waktunya tinggal menyisakan 6 hari lagi.

Dilansir dari Video Channel YouTube Diary Bansos pada Jumat, 24 Maret 2023, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika sampai 6 hari ke depan atau sampai akhir bulan ini belum mendapat pencairan PKH Tahap 1.

Pertama-tama, Anda harus memastikan, KKS yang Anda pegang dikeluarkan oleh bank apa. Jika Kartu Keluarga Sejahtera yang Anda miliki berasal dari BRI, BNI, Mandiri, dan BSI, maka Anda hanya perlu menunggu pencairan PKH Tahap 1.

BACA JUGA:BLT Cair Bulan Ramadan Rp 900.000 per KK, Ini Jadwal dan Cara Ceknya

BACA JUGA:3 Bansos yang Akan Cair Selama Ramadan 2023 Lewat PT Pos, Segera Cek di sini

Namun jika KKS yang Anda pegang dikeluarkan oleh Bank BTN, maka Anda harus bersabar. Pasalnya penyaluran PKH Tahap 1 kepada pemegang KKS Bank BTN dialihkan ke PT Pos.

Artinya, Anda tidak akan menerima pencairan PKH Tahap 1 ke rekening bank BTN sampai 6 hari ke depan. Maka Anda harus menunggu jadwal pencairan di Kantor Pos terdekat.

Sampai saat ini PT Pos sendiri belum mengeluarkan jadwal resmi pencairan PKH Tahap 1. Namun setidaknya ada tiga skema yang akan dilakukan untuk menyalurkan bantuan ini.

BACA JUGA:BLT Balita dan Ibu Hamil 2023 Cair, Tahap 1 Dapat Bantuan Rp 750 Ribu, Cek Infonya di sini

Pertama, petugas PT Pos akan datang ke komunitas di kelurahan atau desa untuk menyalurkan Bantuan PKH Tahap 1. Kedua, KPM datang ke Kantor Pos sesuai jadwal yang ditentukan.

Ketiga, petugas akan datang ke rumah masing-masing KPM secara door to door untuk membagikan Bantuan PKH Tahap 1.

Akan tetapi, jika sampai hari ini, Jumat, 24 Maret 2023, Anda masih belum menerima bantuan PKH, tampaknya Anda harus bersabar. Pasalnya bantuan ini disalurkan secara bertahap.

Hingga tanggal 20 Maret 2023, masih ada 800 ribu KPM yang masih menunggu penyaluran PKH Tahap 1 melalui rekening Bank Himbara. Bisa jadi, Anda akan memperoleh bansos ini di detik-detik penutupan penyalurannya.

Namun untuk memastikannya, Anda bisa langsung saja mengecek rekening secara berkala. Siapa tahu, dana yang Anda tunggu-tunggu sudah ditransferkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: