Wapres Berikan Penghargaan Pemda Berstatus UHC, Provinsi Bengkulu Capaian Tertinggi se-Indonesia

Wapres Berikan Penghargaan Pemda Berstatus UHC, Provinsi Bengkulu Capaian Tertinggi se-Indonesia

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat menerima penghargaan dari Wapres Ma'ruf Amin-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada 22 Provinsi, 334 kabupaten dan kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia, Selasa (14/03). 

Dengan tercapainya UHC di setiap daerah, Wapres juga mengapresiasi komitmen Pemda khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Dalam kesempatan ini, Provinsi Bengkulu dinobatkan sebagai daerah dengan pencapaian UHC tertinggi se-Indonesia dan sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage. 

Terhitung sejak Maret 2023, sebanyak 1.973.706 jiwa penduduk di Provinsi Bengkulu telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 2.047.110 jiwa atau sebesar 96,41 persen.

BACA JUGA:PT ASABRI Buka Lowongan Hingga 19 Maret, Ayo Daftar!

BACA JUGA:Lomba Syarafal Anam HUT Kota Bengkulu ke 304, Perebutkan Rp 30 Juta

Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Provinsi Bengkulu telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan. 

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu dan BPJS Kesehatan Cabang Curup yang telah bekerja keras agar masyarakat Provinsi Bengkulu bisa terjamin ke dalam Program JKN 

“Dengan telah tercaparnya UHC di Provinsi Bengkulu maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Provinsi Bengkulu tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN KIS," ujar Gubernur Bengkulu. 

BACA JUGA:12 Sekolah Kedinasan di Indonesia, Lulus Langsung Kerja dan Gajinya Tidak Bercanda

BACA JUGA:Umat Muslim Wajib Tahu! Bacaan Sholat atau Salat, Tata Cara, Rukun & Syarat Sahnya

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan BPJS Kesehatan bekerja keras melakukan berbagai advokasi kepada Pemerintah Daerah agar seluruh penduduk di masing masing wilayah dapat diintegrasikan dengan Program JKN KIS. 

Namun Ghufron menekankan tercapainya predikat UHC juga harus memastikan bahwa setiap penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil, merata dan bermutu, baik itu layanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: