Umat Muslim Wajib Tahu! Bacaan Sholat atau Salat, Tata Cara, Rukun & Syarat Sahnya

Umat Muslim Wajib Tahu! Bacaan Sholat atau Salat, Tata Cara, Rukun & Syarat Sahnya

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Khusus bagi seluruh umat muslim, sholat atau salat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan setiap hari. yaitu 5 kali untuk sholat wajib.

Namun umat muslim juga wajib tahu pengertian atau makna sholat atau salat? Bagaimana bacaan, rukun, syarat, dan seperti apa tata caranya? Yuk, simak bersama!

Pengertian Sholat

Salat, shalat, atau sholat adalah sembahyang atau ibadah dalam agama Islam yang dilakukan oleh orang Muslim, yakni orang yang memeluk agama Islam. Aktivitas sholat meliputi perbuatan serta perkataan yang diawali dengan gerakan takbir dan diakhiri dengan gerakan salam.

Kata sholat berasal dari bahasa Arab, yaitu shalla, yang berarti doa atau cara berdoa untuk meminta permohonan kepada Allah SWT. Sedangkan menurut KBBI, kata sholat atau salat artinya adalah ibadah kepada Allah SWT dan wajib dilakukan setiap Muslim sesuai syarat, rukun, dan bacaan tertentu.

Dalam Islam, sholat merupakan rukun Islam yang kedua. Rukun Islam adalah lima hal dasar yang diajarkan dalam sistem teologi Islam, yang meliputi:

  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
  2. Melaksanakan sholat
  3. Melaksanakan puasa
  4. Membayar zakat
  5. Pergi Haji jika mampu

Makna sholat dalam agama Islam adalah sebagai ibadah yang istimewa, sebab perintah pelaksanaannya diterima oleh Nabi Muhammad dari Allah secara langsung.

Sholat juga menjadi penanda utama dalam status keimanan seorang Muslim. Pertanda awal keislaman seseorang adalah ketika orang tersebut mengerjakan sholat. Sedangkan pertanda awal kekafiran adalah ketika orang tersebut meninggalkan sholat.

Jenis-Jenis Sholat

Secara umum, sholat terbagi menjadi dua jenis yaitu sholat fardhu dan sholat sunnah. Kita bahas satu per satu, ya!

Sholat Fardhu

Sholat fardhu adalah sholat dengan status hukum fardhu, yaitu wajib dilaksanakan. Sholat fardhu terbagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Sholat Fardhu 'Ain 

Sholat Fardhu ‘Ain adalah sholat yang diwajibkan bagi seluruh Muslim tanpa terkecuali. Sholat yang termasuk ke dalam Fardhu 'Ain adalah sholat lima waktu yang terdiri atas:

  1. Sholat Subuh
  2. Sholat Dzuhur
  3. Sholat Ashar
  4. Sholat Maghrib
  5. Sholat Isya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.ruangguru.com/blog/tata-cara-sholat-disertai-dengan-bacaan-dan-doanya