Ini Dia Bacaan Salat bagi Orang yang Tidak Hafal Surah Al Fatihah

Ini Dia Bacaan Salat bagi Orang yang Tidak Hafal Surah Al Fatihah

Dalam kitab Fiqh Ibadah karya Hasan Ayyub terdapat bacaan pengganti bagi orang yang tidak hafal surah Al Fatihah. Bacaan tersebut adalah tujuh ayat dari surah apa saja selain Al Fatihah. Jika masih tidak hafal, maka bisa membaca zikir subhanallah, walhamd--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Para ulama sepakat bahwa salat tidak sah tanpa membaca surah Al Fatihah. Lantas, bagaimana jika tidak hafal surah Al Fatihah tapi ingin mengerjakan salat? Kewajiban membaca surah Al Fatihah saat salat ini salah satunya bersandar pada hadits yang bersumber dari riwayat al-Abbas bin al-Walid an-Narsi, salah seorang guru Imam Bukhari. Hadits ini dinukil oleh Ibnu Hajar al-Asqalani,

BACA JUGA:Minum Susu Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

لَا تُجْزِئُ صَلَاةٌ لَا يُقْرَأُ فِيْهَا بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ.Artinya: "Tidak sah salat yang di dalamnya tidak dibacakan Al Fatihah."

Rasulullah SAW juga bersabda,

مَنْ صَل صَلَاة لَمْ يَقْرَأُ فِيهَا بِأُمَ الْقُرْآنِ فَهِيَ جَدَاجُ، ثَلَاثًا غَيْرُ تَمَامٍ، فَقِيْلَ لِأَبِي هُرَيْرَةَ: إِنَّا نَكُوْنُ وَرَاءَ الْإِمَامِ؟ فَقَالَ: اِقْرَأْ بِهَا فِي نَفْسِكَ.

Artinya: "Barang siapa mengerjakan salat tanpa membaca Ummul Qur'an (Al Fatihah) di dalamnya maka salatnya cacat." Ini disabdakan Nabi SAW sebanyak tiga kali. Cacat maksudnya tidak sempurna. Lalu ada yang berkata kepada Abu Hurairah, 'Sesungguhnya, kami salat di belakang imam (masihkah kami harus membacanya?' Abu Hurairah menjawab, 'Bacalah Al Fatihah secara pribadi (pelan).'" (HR Muslim)

BACA JUGA:Pinjol Legal Jangan Tak Dibayar! Ini Ancamannya

Sementara itu, Imam Syafi'i menerangkan dalam kitab Al-Umm, maksud salat yang tidak sah jika tidak membaca surah Al Fatihah ini berlaku bagi orang yang hafal (mampu membaca) surah Al Fatihah namun sengaja meninggalkannya. Menurut pendapat Imam Syafi'i, jika seseorang tidak membaca ayat lain selain surah Al Fatihah maka hukumnya makruh.

Dalam kitab Fiqh Ibadah karya Hasan Ayyub terdapat bacaan pengganti bagi orang yang tidak hafal surah Al Fatihah. Bacaan tersebut adalah tujuh ayat dari surah apa saja selain Al Fatihah. Jika masih tidak hafal, maka bisa membaca zikir subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar, wala haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil azhim.

BACA JUGA:Apakah Yakult Aman Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?

Hal tersebut bersandar pada hadits yang termuat dalam kitab Bulughul Maram karya Al-Hafiz Ibnu Hajar Al-Asqalani. Hadits tersebut berbunyi,

وَعَنْ عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ أَبِي أَوْفَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: {جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: إِنِّي لَا أَسْتَطِيعُ أَنْ آخُذَ مِنَ الْقُرْآنِ شَيْئًا, فَعَلَّمْنِي مَا يُجْزِتُي (مِنْهُ) قَالَ: "سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ, وَلَا إِلَهَ إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم الحديث رَوَاهُ أَحْمَدُ، وَأَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ, وَصَحْحَهُ ابْنُ حِبَّانَ وَالدَّارَقُطْنِيُّ وَالْحَاكِمُ

Artinya: Dari Abdullah bin Abi Aufa RA, ia mengatakan bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan bertanya, "Sesungguhnya aku ini tidak bisa menghafal satu ayat pun dari Al-Qur'an, maka ajarilah aku sesuatu yang mencukupi salatku."

BACA JUGA:Kerja Online untuk Mahasiswa, Daftar ke Situs Ini Bisa Gajian 100 Ribu Tiap Hari

Beliau menjawab, "Bacalah subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar, wala haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim (Maha Suci Allah, segala puji hanya bagi Allah, tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan Allah Maha Besar, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan An-Nasa'i. Hadits ini shahih menurut Ibnu Hibban, Ad-Daraqutni, dan Al-Hakim). (**)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: