Hukum Membaca Surat yang Sama Tiap Rakaat saat Sholat?

Hukum Membaca Surat yang Sama Tiap Rakaat saat Sholat?

Dikutip dari kitab Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq, diperbolehkan membaca ayat apa saja dan surah mana pun dalam Al-Qur'an setelah membaca Al Fatihah. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sholat adalah ibadah wajib dan merupakan rukun Islam. Sholat juga memiliki tata cara yang harus diikuti setiap muslim, termasuk boleh tidaknya membaca surat yang sama di setiap rakaat.

Setelah membaca surat Al Fatihah, maka hendaklah membaca satu surat yang lain atau sebagiannya. Imam an-Nawawi mengatakan dalam kitab Al-Adzkar, membaca surat lain setelah surat Al Fatihah hukumnya adalah sunnah. Hal ini berlaku baik dalam sholat wajib maupun sunnah.

BACA JUGA:Minum Susu Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

"Membaca surat lain setelah Al Fatihah hukumnya adalah sunnah; di mana apabila seseorang meninggalkannya, maka sholatnya tetap sah dan tidak perlu sujud sahwi, baik dalam sholat wajib maupun sholat sunnah," jelas Imam an-Nawawi seperti diterjemahkan Masturi Irham dan Muhammad Aniq.

Dalil membaca surat dalam Al-Qur'an saat sholat bersandar pada riwayat Abu Hurairah RA, ia berkata,

"Setiap kali mengerjakan sholat, Rasulullah SAW membaca ayat Al-Qur'an. Apa saja yang pernah kami dengar dari Rasulullah SAW, kami akan menyampaikannya kepadamu. Dan apa saja yang tidak kami tahu dari beliau, kami pun tidak menyampaikannya. Jika kamu tidak membaca tambahan ayat selain surat Al Fatihah, itu sudah memadai. Tetapi jika engkau menambah bacaan ayat yang lain, maka yang demikian lebih baik!" (HR Bukhari)

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, Begini Cara Dapat Uang dari Status Facebook

Dikutip dari kitab Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq, diperbolehkan membaca ayat apa saja dan surah mana pun dalam Al-Qur'an setelah membaca Al Fatihah. Al-Husin berkata,

"Kami memerangi Khurasan dan kami diiringi tiga ratus orang sahabat. Kebetulan, ada seorang laki-laki yang mengerjakan sholat bersama kami sebagai imam. Dia membaca beberapa ayat dari surat Al Baqarah, kemudian dilanjutkan dengan rukuk."

BACA JUGA:Selain Enak, Makanan Ini Ternyata Bisa Bantu Atasi Jerawat

Ibnu Abbas juga meriwayatkan bahwasanya dia membaca Al Fatihah, kemudian membaca satu ayat dari surah Al Baqarah setiap rakaat. (HR Daruquthni. Sayyid Sabiq mengatakan, hadits yang menyebut membaca surat Al Baqarah setelah Al Fatihah tersebut dhaif). Lantas, apakah boleh membaca surat yang sama saat sholat?

Hukum Membaca Surat yang Sama saat Sholat
Dikutip dari sumber sebelumnya, Qatadah berkata, "Diperbolehkan membaca satu surat pada rakaat pertama dan kedua, atau mengulang-ulangi surat yang dipilihnya pada rakaat pertama dan kedua. Sebab, semua surat termasuk bagian dari Al-Qur'an."

BACA JUGA:Kabeh Wis Diatur Gusti, Inilah Ciri-Ciri Rumah yang Menjadi Magnet Keberuntungan dan Rezeki

Seorang laki-laki dari Juhainah mendengar bahwa Rasulullah SAW membaca surat Az Zalzalah saat sholat Subuh, baik pada rakaat pertama maupun rakaat kedua. Laki-laki tersebut berkata, "Saya tidak tahu, apakah Rasulullah SAW lupa, atau sengaja!" (HR Abu Daud)

Begitu pula dengan sumber dari buku Ringkasan Fikih Lengkap karya Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, diperbolehkan membaca surat yang sama saat sholat atau membagi satu surat ke dalam dua rakaat. Diperbolehkan juga baginya membaca pertengahannya atau akhir surat.

BACA JUGA:Atasi Penampilan Mata Bengkak? Berikut Cara Instan Bisa Dicoba

Hal tersebut bersandar pada riwayat Ahmad dan Muslim dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW dalam rakaat pertama dalam sholat Subuh membaca firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 136,

...قُوْلُوْٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْنَا

Artinya: "Katakanlah (wahai orang-orang yang beriman), "Kami beriman kepada Allah, pada apa yang diturunkan kepada kami, ... "

Dalam rakaat kedua membaca firman Allah SWT yang termaktub dalam potongan surat Ali Imran ayat 64,

...قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ

Artinya: "Katakanlah (Nabi Muhammad), "Wahai Ahlulkitab, marilah (kita) menuju pada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, ... "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: