Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Sukarami Kedurang Ilir Disalurkan, Pemdes Jemput Bola

 Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Sukarami Kedurang Ilir Disalurkan, Pemdes Jemput Bola

Perangkat Desa Sukarami, Kecamatan Kedurang Ilir saat menyalurkan BLT DD secara langsung ke rumah KPM, Jumat (3/3).-(foto: renald/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebanyak 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Sukarami, Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2023. BLT DD tersebut disalurkan  langsung sebanyak 3 bulan, yaitu untuk bulan Januari, Februari dan Maret 2023.

Penyaluran BLT DD tersebut digelar di Kantor Desa Sukarami dan dihadiri Forum Komunikasi Kecamatan (Forkopimca) Kedurang Ilir, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pendamping Desa (PD).

Kepala Desa Sukarami, Ujang Ismaladi menuturkan setiap KPM menerima BLT DD sebesar Rp 300 ribu per bulan, yang dianggarkan sebanyak 12 bulan.

"Melalui penyaringan dan penjaringan KPM, dari 24 orang yang ditetapkan sebagai penerima bantuan, diantaranya 4 orang disabilitas, 1 miskin ekstrem dan 8 lainya sakit menahun, serta sisanya adalah Lansia," ujar Ismaladi, Jumat (3/3/2023).

BACA JUGA:Pasar Murah di Bengkulu Selatan, Jajakan Produk Eceran Rasa Grosir

BACA JUGA:Oknum PNS Bengkulu Tengah Selingkuh, Ini Kata Sekda


Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Sukarami Kedurang Ilir Disalurkan -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Lebih lanjut, Ismaladi menjelaskan KPM BLT DD tahun 2023 fokus menangani kemiskinan ekstrem dan para KPM BLT DD tersebut telah ditetapkan melalui musyawarah desa khusus.

"BLT DD tahun ini berbeda dengan tahun lalu, karena fokus dari program bantuan ini untuk membantu masyarakat dalam upaya menangani kemiskinan ekstrem," jelasnya.

Ismaldi mengatakan bagi Lansia dan masyarakat yang terdata sebagai KPM BLT DD tidak dapat hadir langsung ke kantor desa untuk menerima bantuan, maka pihak Pemerintahan Desa Sukarami yang akan mendatangi rumah KPM dan menyalurkan BLT DD tersebut secara langsung.

"Kami melakukan jemput bola dengan cara hadir langsung ke rumah masyarakat yang terdata sebagai KPM," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Kedurang Ilir, Marwin S Sos mengimbau para KPM BLT DD agar dapat bijak menggunakan bantuan yang diterima, sehingga bantuan yang diterima dapat bermanfaat selain untuk memenuhi kebutuhan pokok dapat juga digunakan untuk menjadi modal usaha.

"Pemerintah hadir di tengah masyarakat dengan salah satunya dengan wujud bantuan, jadi saya berpesan kepada  para KPM untuk bijak dalam menggunakan bantuan sebagai wujud ucapan terima kasih kita," imbau Marwin. (cw1/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: