Jalan Tol Bengkulu - Lubuk Linggau Pasti Dilanjutkan, Tahapannya Ini

Jalan Tol Bengkulu - Lubuk Linggau Pasti Dilanjutkan, Tahapannya Ini

Jalan TOL sudah dioperasikan 23 Desember mendatang.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ruang jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 Kilometer (KM) telah beroperasi. Sedangkan lanjutan pembangunan jalan tol dari Taba Penanjung ke Lubuk Linggau sudah pasti dilanjutkan, meskipun jadwalnya belum ditetapkan karena masih menunggu keputusan dari Pemerintah RI.

"Kita tunggu dari pemerintah pusat. Karena tahunnya juga belum bisa dipastikan kapan," ujar Branch Manager (BM) Tol Bengkulu–Taba Penanjung Medya Gustian mengatakan kepada BE, Kamis (12/1/2023). 

Dijelaskannya, penyebab penundaan lanjutan tol Bengkulu seksi II dan III itu memang tidak ada. Hanya saja, dari rencana pemerintah melalui PT Hutama Karya (HK) fokus penyelesaian pembangunan seksi I Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sampai 2024. 

"Kalau masalahnya tidak ada, hanya penundaan awal saja. Saya yakin tetap akan dilanjutkan pembangunan jalan tol Bengkulu," tuturnya.  

BACA JUGA:Tol Bengkulu Bertarif, Kendaraan Jenis Ini Dilarang Masuk

BACA JUGA:Ini Tarif Baru Tol Bengkulu, Rinciannya Begini

Medya juga membantah, penundaan lanjutan tol Bengkulu akibat penyidikan dugaan korupsi pembebasan lahan Tol Bengkulu-Taba Penanjung yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Bengkulu. Karena, pembabasan lahan itu berbeda dengan pembangunannya jalan tol. 

"Pembebasan lahan itu tidak ada kaitannya. Karena berbeda dengan pembangunan jalan tol," ungkap Medya. 

Untuk itu, Medya berharap semua untuk menunggu proses lanjutan jalan tol Bengkulu-Lubuk Linggau. Karena pembangunan tol itu sudah masuk program strategis nasional (PSN). Maka tetap dipastikan dilanjutkan pembangunannya. "Kita tunggu saja, pasti akan dibangun lanjutannya," tuturnya. 

Medya menegaskan, untuk rencana pembangunan lanjutan itu sudah ada perencanaanya. Nantinya pembangunan itu dilanjutkan dari Taba Penanjung ke Kepahiang. Lalu, ke Kepahiang-Curup dan Lubuk Linggau. 

BACA JUGA:Baru Dibuka, Tol Bengkulu Dilintasi 23.720 Kendaraan

BACA JUGA:Sebelum Hapus STNK Mati Pajak, Polisi Lakukan ini

"Taba Penanjung ke Kepahiang dulu. Baru nanti Kepahiang, Curup dan Lubuk Linggau," ujarnya. 

Untuk pembangunan tol Taba Penanjung ke Kepahiang, menurut Medya akan dibangun terowongan. Ada dua titik terowongan akan dibangun. Terowongan pertama dengan panjang sekitar 3,5 Kilometer (KM) dan trowongan kedua dengan panjang 500 meter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: