27 PAUD, SD dan SMP Dapat DAK Pendidikan Rp 15 Miliar, Ini Daftar Sekolahnya

27 PAUD, SD dan SMP   Dapat DAK Pendidikan Rp 15 Miliar, Ini Daftar Sekolahnya

Pelaksanaan Bimtek Implementasi program kesiapan bersekolah bagi satuan PAUD dan Penguatan Forum Komunikasi PAUD-SD Tahun 2022.-(foto: aprizal/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Tahun 2023, Pemerintah  Kota Bengkulu mendapatkan transfer Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan  bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 15 miliar.  

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs Sehmi Alnur MPd melalui Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Juli Andono mengatakan ditahun 2023 ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyetujui usulan pembangunan ruang baru dan rehab fasilitas sekolah bebeberapa sekolah di Kota Bengkulu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023. 

Alokasi anggaran DAK tersebut, berdasarkan pengusulan  yang dilakukan pada tahun 2022 lalu. 

Dimana saat itu, Disdikbud telah mengusulkan 50 sekolah negeri dan swasta mulai tingkat PAUD,SD dan SMP se-Kota Bengkulu. 

Dari usulan tersebut yang disetujui hanya 27 satuan pendidikan, rinciannya 3 sekolah tingkat PAUD, 13 SD dan 11 SMP. Sementara sisanya terkendala syarat administrasi yang belum lengkap juga karena keterbatasan anggaran sehingga diajukan untuk tahun 2024.

DAK bidang pendidikan  untuk tingkat PAUD dengan pagu anggaran  senilai Rp 700 juta,  akan digunakan  pekerjaan rehab meliputi perbaikan ruang guru, ruang kepala sekolah juga area taman bermain. 

Untuk tingkat SD, total pagu anggaran mencapai  Rp 5 miliar, yang akan dialokasikan di 10 sekolah negeri dan 3 sekolah swasta. Anggaran tersebut akan difokuskan pada pekerjaan  pembangunan jamban, labortorium computer, laboratorium serta rehab kelas dan ruang guru.

" Bantuan ini bersifat lanjutan, karena pada tahun sebelumnya menerima  bantuan crome book sementara sekolah belum memiliki laboratorium serta rehab kelas dan ruang guru, " katanya. 

Dan DAK untuk tingkat SMP diperuntukkan di 11 sekolah, terdiri  9 sekolah negeri dan 2 sekolah swasta. Anggaran itu juga untuk pembangunan jamban, pembangunan laboratorium, rehab ruang kelas serta rehab ruang guru, total pagu anggarannya mencapai Rp 9 miliar. 

"Besaran anggaran masing-masing satuan pendidikan bervariasi, untuk realisasi pelaksanaan kegiatan,masih menunggu proses tender, khususnya untuk nilai proyek yang pagu anggarannya lebih 200 juta rupiah," tutupnya. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: