Pemprov Bengkulu Siapkan 5 Ribu Tabung Gas Gratis

Pemprov Bengkulu Siapkan 5 Ribu Tabung Gas Gratis

Gas 3kg bersubsidi yang akan dibagikan secara gratis oleh Pemprov Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Realisasi tabung gas 3 Kg gratis dari Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk warga berpenghasilan rendah yang menjadi salah satu program prioritas Gubernur tinggal menunggu jadwal untuk launching.

Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Ir Mulyani, mengatakan, 1000 tabung gas yang akan disalurkan sebagai bantuan sudah tiba di Provinsi Bengkulu.

Seribu tabung itu sendiri akan didistribusikan 100 setiap kabupaten kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Ia memastikan, masih menunggu jadwal dari Gubernur Bengkulu untuk bisa dilakukan launching nantinya. 

"Sudah dilakukan pengiriman, tinggal menunggu jadwal Pak Gubernur untuk launching," ungkap Ir Mulyani, yang akrab disapa Ning, Jum'at (9/9).

BACA JUGA:Mau Ikut Lelang Zona Parkir di Kota Bengkulu, Ini Lokasi dan Tarifnya

Diketahui pemberian tabung gas ukuran 3 Kg gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang menjadi program prioritas Gubernur sudah tertuang didalam RPJMD provinsi Bengkulu 2022 sampai 2026. 

Setiap kabupaten kota dialokasikan masing - masing 100 tabung, dan setiap tahun akan dialokasikan 1000 tabung hingga 2026 dengan total 5000 tabung gas.

Sedangkan untuk alokasi dana yang disiapkan hingga tahun 2026 oleh Dinas ESDM sebesar 200 juta rupiah setiap tahunnya, melalui APBD Provinsi.

Mulyani mengatakan, kriteria untuk penerima bantuan tabung gas 3 Kg gratis ini cukup terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial yang sudah divalidasi kembali tahun ini. 

Selain itu juga Keluarga Penerima Manfaatnya (KPM) belum memiliki tabung gas. Meskipun terdaftar di DTKS tapi sudah memiliki tabung gas, maka tidak akan diberikan.

"Bagi mereka yang memang belum punya tabung gas, karena tabung nanti beserta isinya," jelasnya.(CW2/Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: