Fokus Produk Unggulan

Fokus Produk Unggulan

Jadikan Komuditi Ekspor

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Provinsi Bengkulu telah gencar memilah produk unggulan, sebagai komuditi siap ekspor. Ketua DPD Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Provinsi Bengkulu, Trisna Anggraini SIp MM mengatakan, untuk mewujudkan itu, maka setiap daerah harus fokus untuk menonjolkan produk unggulannya.

\"Kita ini punya daerah 10 kabupaten/kota. Kalau satu daerah fokus dengan produk unggulanya, maka satu daerah akan ekspor produknya,\" terang Trisna kepada Bengkulu Ekspress, usai menggelar Bimtek bersama Disperindag Provinsi Bengkulu, kemarin (11/12).

Dijelaskannya, produk unggulan yang telah ditetapkan itu, seperti Kepahiang yang memiliki produk unggulan kopi terbaik itu juga harus bisa menjamin produksinya. Pembinaan-pembinaan juga penting dilakukan kepada masing-masing daerah. Sehingga produk unggulan itu benar-benar siap ekspor.

\"Coba komoditas ini yang difokuskan, bayangkan saja, kalau ekspornya tinggi. Efek dominonya sangat tinggi untuk kesejahteran masyarakat,\" tambahnya.

Tidak hanya Kepahiang, Kabupaten Kaur yang terkenal dengan hasil lautnya seperti gurita juga penting untuk dikembangkan. Karena potensi tersebut sangat layak untuk ekspor ke negara luar. \"Kalau ini dikembangkan, pasti ekspor kita meningkat,\" papar Trisna.

Untuk itu, menurutnya, setiap daerah jangan bercabang-cabang untuk menentukan produk unggulan. Tidak harus banyak, satu produk asalkan pasti kualitasnya dan produksinya maka bisa didorong untuk ekspor.  \"Jadi fokus saja dengan produknya, jangan bercabang-cabang. Nanti malah tidak fokus,\" tutupnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: