Pala: Rempah-rempah Penambah Aroma Masakan yang Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan

Jumat 30-08-2024,09:40 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Buah pala mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Meski jumlahnya terbilang sedikit, namun sayang jika kita melewatkan manfaat yang dimiliki buah pala jenis ini.

Penelitian pada hewan percobaan yang dipublikasikan dalam Journal of Ayurvedic and Integrative Medicine (2013) menunjukkan bahwa ekstrak pala dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

3. Melawan bakteri penyebab jerawat

Tanaman obat tradisional yang merupakan tanaman obat tradisional ini telah lama digunakan secara turun-temurun untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk jerawat.

Biasanya, ekstrak atau larutan pala dan madu dioleskan pada kulit. Manfaat untuk kulit berasal dari kandungan myristicin sebagai bahan antibakteri yang melawan bakteri penyebab jerawat, seperti Cutibacterial acid.

BACA JUGA:Tak Hanya Menghangatkan dan Membuat Tubuh Lebih Segar, Inilah Manfaat Lain Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari

BACA JUGA:Ampuh untuk Mengatasi Masalah Ginjal, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

4. Mengontrol tekanan darah

Kandungan mineral pada buah pala membantu menjaga fungsi organ tubuh. Kalium pada buah pala dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah. 

Sifat ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Tekanan darah yang tidak terkontrol erat kaitannya dengan gangguan jantung, hipertensi, dan hipotensi. 

5. Mengurangi peradangan

Pala kaya akan senyawa anti inflamasi yang mirip dengan minyak esensial peppermint, khususnya monoterpen. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit.

Dengan menambahkan pala sebagai bumbu masakan, rasa nyeri akibat luka, bengkak, dan peradangan kronis seperti radang sendi akan cenderung berkurang.

BACA JUGA:Kenali 5 Manfaat Serai yang Bagus untuk Jaga Kesehatan Kulit, Salah Satunya Mencegah Kanker Kulit

BACA JUGA:Ampuh untuk Mengatasi Masalah Ginjal, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Namun penelitian yang ada masih sebatas uji coba pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lebih mendalam untuk membuktikan efeknya pada manusia.

Kategori :