Tips Menghindari 11 Penyakit yang Sering Menyerang Bebek

Jumat 17-05-2024,19:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa sumber air yang digunakan untuk minum oleh bebek bersih dan bebas dari kontaminasi garam yang berlebihan.

B. Penyakit Menular Pada Bebek

Penyakit menular merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri atau kuman yang disebabkan melalui kontak langsung atau lewat udara.

Berikut daftar penyakit menular yang menyerang bebek :

1. Colera

Penyakit kolera menyerang bebek disebabkan oleh bakteri Pasteurella Avicia. Lingkungan kandang yang basah dan lembab dapat mempercepat penularan bakteri ini. 

Kolera sering menyerang anak bebek berusia 4 minggu, yang bisa menyebabkan kematian hingga 50%, sementara pada bebek dewasa tingkat kematian kurang dari 50%. 

BACA JUGA:Tips Memilih Usaha Ternak Yang Menjanjikan, Ini 10 Pilihan Terbaik

BACA JUGA:Tips Beternak Ayam di Kawasan Perkotaan

Gejalanya meliputi sesak napas, bengkak pada pial, panas, berjalan sempoyongan, meratap, dan mengeluarkan suara nyaring. Penyakit ini juga dapat menyebabkan infeksi darah.

Pencegahan yang dapat dilakukan termasuk vaksinasi dengan vaksin Fowl Cholera, atau penyuntikan serum darah dari hewan yang memiliki kekebalan terhadap penyakit kolera. Untuk pengobatan pada bebek yang sudah terserang penyakit ini, dapat diberikan obat seperti Chloramphenicol, Tetra Cycline, atau preparat sulfa.

2. White Eye

Penyakit ini sering menyerang bebek di segala umur dan disebabkan oleh virus, yang penyebarannya sangat cepat. Bebek yang kekurangan vitamin A rentan terhadap penyakit ini. Faktor lingkungan seperti kandang yang lembab dan lantai yang basah juga menjadi pemicu terserangnya penyakit ini.

Gejala yang muncul termasuk keluarnya cairan bening dari mata dan paruh, perubahan warna kotoran dari bening menjadi kekuningan dalam beberapa jam, kesulitan bernafas, kelemahan, dan bahkan lumpuh.

Pencegahan yang bisa dilakukan termasuk memberikan antibiotika yang dapat dicampurkan dalam air minum atau pakan bebek.

3. Coccidiosis Bebek

Kategori :