Disnakertrans Jajaki Perusahaan

Disnakertrans Jajaki Perusahaan

Bersama MKKS SMK dan Forum BKK Rejang Lebong

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk memastikan lulusan SMK di Kabupaten Rejang Lebong bisa langsung mendapat pekerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong menjajaki beberapa perusahaan di Pulau Jawa. Dalam menjajaki perusahaan yang ada di Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Disnakertrans juga bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Rejang Lebong dan Forum Bimbingan Keterampilan Kerja (BKK) Kabupaten Rejang Lebong.

\"Saat ini kita tengah menjajaki beberapa perusahaan yang nantinya kita harapkan bisa merekrut lulusan SMK di Kabupaten Rejang Lebong menjadi karyawan mereka,\" ungkap Kepala SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman MPd saat dihubungi melalui via handphone Selasa (28/3) kemarin.

Menurut Asep, Disnakertrans bersama MKKS SMK dan Forum BKK Kabupaten Rejang Lebong terus komitmen untuk membantu para lulusan SMK sehingga bisa diserap oleh dunia kerja.

Karena menurut Asep bursa kerja sangat dibutuhkan bagi masyarakat Rejang Lebong. Hal tersebut terlihat dari jumlah pendaftar Tenaga Kerja Sukarela (TKS) yang dibuka Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Dimana menurut Asep pendaftaar TKS di Kabupaten Rejang Lebong tersebut lebih dari 3 ribu orang, sedangkan yang diterima tidak sampai 50 persen.

\"Dengan yang diterima tidak sampai setengahnya, berarti sisanya harus menganggur, oleh karena itu kita berkomitmen untuk mencari solusinya dengan menjajaki beberapa perusahaan di Jawa Barat,\" tambah Asep yang juga sekretaris MKKS SMK Kabupaten Rejang Lebong.

Senada dengan yang disampaikan Asep, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong, Dwi Purnama Sari SSos MM juga mengungkapkan, kunjungan mereka ke sejumlah perusahaan yang ada di Jawa Barat tersebut, agar bagaimana kedepannya para pencari kerja di Kabupaten Rejang Lebong bisa diserap dunia kerja.

\"Harapan kita nanti pencari kerja di Rejang Lebong tidak hanya diserap dunia kerja dalam negeri saja namun juga luar negeri,\" ungkap Dwi yang ikut dalam kegiatan kunjungan ke perusahan-perusahaan di Jawa Barat tersebut.

Bahkan menurut Dwi dengan melihat banyaknya pencari kerja di Kabupaten Rejang Lebong, Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kabupaten Rejang Lebong akan mewacanakan mengadakan jobfair mini. Dimana untuk melaksanakan jobfair ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang rencananya akan mereka laksanakan hari ini di jakarta.

\"Terkait rencana program jobfair mini yang akan kita lakukan, kita akan berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi terlebih dahulu,\" jelas Dwi.

Dalam kunjungan ke Kab Indramayu tersebut, Asep mengungkapkan bahwa selain mengunjungi beberapa perusahaan. Mereka juga mengunjungi dua SMK yaitu SMKN 2 Losarang dan SMK Hasanudin. Kunjungan dilaksanakan ke dua SMK tersebut karena memang kedua sekolah tersebut semua lulusannya setiap tahun selalu terserap dunia kerja baik didalam maupun diluar negeri.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: