Pendidikan Gratis Tetapi Ada Pungutan

Pendidikan Gratis Tetapi Ada Pungutan

Kepsek Belum Indahkan Instruksi Bupati KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Pencangan pemberlakuan pendidikan gratis di Bengkulu Selatan (BS) oleh Bupati Bengkulu Selatan, H Dirwan Mahmud SH pada awal-awal masa pemerintahannya usai dilantik awal tahun 2016 lalu, sepertinya tidak diindahkan oleh sebagian sekolah di Bengkulu Selatan. Sebab, hingga saat ini pungutan di sekolah-sekolah di Bengkulu Selatan masih marak terjadi.

“Saya menerima laporan di Bengkulu Selatan ini masih ada sekolah yang melakukan pungutan pada siswanya,” kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Bengkulu Selatan, Dodi Martian SHut MM.

Pria yang juga menjabat Ketua Komisi 1 DPRD Bengkulu Selatan ini, mengungkapkan, dari hasil reses beberapa waktu lalu, ada wali murid yang mengeluhkan  pungutan di sekolah anaknya dengan dalih ada untuk mengikuti ujian nasional dan sebagainya. Sehingga pihak sekolah mencari-cari alasan untuk menarik iuran dari siswanya.

“Banyak modus yang pihak sekolah lakukan untuk menghalalkan pungutan tersebut,” ujarnya.

Dengan maraknya pungutan di sekolah di BS ini, Dodi mengaku prihatin. Sebab dengan pungutan tersebut, maka slogan pendidikan gratis di Bengkulu Selatan hanya sebatas hayalan, karena kenyataan di lapangan, pungutan di sekolah terus tumbuh subur.

“Maraknya pungutan di sekolah ini, sepertinya para kepala sekolah tidak menghiraukan instruksi Bupati yang menyebutkan pendidikan gratis di Bengkulu Selatan,” cetusnya.

Padahal, sambung Dodi untuk mendukung pendidikan gratis pemerintah sudah mengucurkan dana ke sekolah-sekolah mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Pemerintah Pusat dan juga ada BOS daerah pemerintah daerah (Bosda). Dodi berharap Bupati Bengkulu Selatan dapat menindak tegas kepala sekolah yang masih melakukan pungutan bagi siswanya.

“Saya berharap Bupati konsisten dengan program pendidikan gratisnya, sehingga Kepsek yang melakuka pungutan bisa ditindak tegas,” tandas Dodi. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: