M Ikhwan Jabat Kepala Dinas Dukcapil

M Ikhwan Jabat Kepala Dinas Dukcapil

BENGKULU, BE - Setelah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) sejak beberapa waktu lalu, akhirnya Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti secara resmi melantik Muhammad Ikhwan SH MH sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Bengkulu, kemarin (24/2).

Pelantikan itu setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) mengeluarkan Surat Keputusan pendefinitifan Kepala Dukcapil yang menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tersebut.

Tak hanya M Ikhwan, 14 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Dukcapil juga ikut dilantik oleh Ridwan Mukti. (lihat grafis).

Setelah dilantik, tugas berat pun menanti, kerena Gubernur meminta perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP segera selesai.

\"Dalam instruksi Pak Gubernur, Dukcapil harus menyelesaikan program e-KTP untuk masyarakat Bengkulu,\" kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Drs Ari Narsa JS kepada BE, kemarin (24/2).

Dijelaskannya, tak hanya e-KTP, Dukcapil Provinsi juga harus menyelesaikan pendataan by name by address untuk masyarakat Bengkulu sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama dan alamat. Khususnya untuk masyarakat miskin, sehingga program pemprov Bengkulu terkait pengentasan kemiskinan dan ketertinggalan tepat sasaran.

\"Masyarakat kita jangan sampai tidak ada NIK. Datanya harus by name by adress, khususnya untuk masyarakat miskin,\" ujarnya.

Meski memiliki tugas tersebut, namun kewenangan Dukcapil Provinsi hanya sebagai tempat koordinasi. Mengingat, proses pencetakan e-KTP dan penyesuaian data by name by address ada di pemda kabupaten/kota.

\"Dukcapil Provinsi sifatnya hanya koordinasi. Teknisnya masih berada di Dukcapil daerah,\" tambah Ari

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu yang baru dilantik, M Ikhwan menegaskan untuk perekaman e-KTP saat ini sudah berada pada angka 89,25 persen. Sementara sisanya akan ditergetkan selesai pada pertengahan tahun ini.

\"Target kita pertengahan tahun ini perekaman e-KTP sudah 100 persen,\" ungkap Ikhwan.

Sementara terkait kekosongan blanko 2-KTP, ia mengaku saat ini masih menjadi kendala secara nasional. Hal itu disebabkan atas keterlambatan lelang blanko di Kemendagri. Namun demikian, pemerintah pusat telah memastikan pada akhir Maret mendatang blanko e-KTP sudah dilelang.

Meski belum dilelang, Dukcapil masih memiliki blanko e-KTP. Dimana sisa blangko e-KTP yang ada sekitar 2.500 keping lagi yang dapat digunakan bagi daerah yang masih kekurangan.

\"Blanko e-KTP kita masih ada di Dukcapil Bengkulu Tengah sebanyak 2.500 keping lagi. Ini dapat kita gunakan jika masih kekurangan,\" tutupnya. (151)

PEJABAT DINAS DUKCAPIL PROVINSI YANG DILANTIK

1 Muhammad Ikhwan SH MH Kepala Dukcapil 2 Jalaludin MM Sekretaris Dukcapil 3 Dra Risnaranti Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk 4 Dwi Utami SStp MSi Kabid Fasilitasi Pencatatan Sipil 5 Sepra Gusri SE Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data 6 Leni Marlina SE Kasubag Perencanaan dan Keuangan 7 Heri Iskandar SSos Kasubag Umum dan Kepegawaian 8 Dwi Esti SIp MSi Kasi Fasilitasi Sarana dan Prasarana Pendaftaran 9 Lestiana BA Kasi Bina Aparatur Pendaftaran Penduduk 10 Bambang Satrio SE Kasi Fasilitasi Sarana dan Prasarana Pencatatan Sipil 11 Febri Lisnita Birmasari SIp MSi Kasi Bina Aparatur Pencatatan Sipil 12 Riki Fitrian SSTP MSi Kasi Monitoring Evaluasi dan Dokumentasi 13 Gunawan Wibisono SSTP Kasi Pengelolaan dan Penyajian Data Kependudukan 14 Sepriadi Susanto SKom Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan 15 Yusman SH Kasi Monitorning dan Evaluasi Dukcapil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: