DLH Siapkan Pembanding, Senin Ambil Sampel Air Danau Liang

DLH Siapkan Pembanding, Senin Ambil Sampel Air Danau Liang

\"Lebong\"TUBEI, BE - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong terus memantau terkait dugaan pencemaran sumber air bersih di Desa Danau Liang Kecamatan Lebong Tengah yang diduga diakibatkan oleh aktifitas pengeboran sumur cluster P PT. PGE Hulu Lais.

Bahkan, Senin (13/2) tim BLH akan mengambil sampel air tersebut untuk dilakukan pengecekkan ke laboratorium yang terakreditasi. Kepala BLH Kabupaten Lebong Zamhari SH MH melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Tantawi SP mengungkapkan untuk mengetahui secara pasti dugaan tersebut, pihak perusahaan sendiri sudah menurunkan timnya untuk mengecek kualitas air. Untuk itu, sebagai data pembanding, pihaknya juga akan turut melakukan uji sampel air.

\"Memang hasil pengecekan kualitas air yang dialkukan oleh pihak perusahaan nantinya akan diserahkan kepada BLH. Sebagai data pembanding kita juga akan melakukan pengecekkan. Senin (13/2) mendatang kita akan turun kelokasi untuk mengambil sampel air,\" jelas Tantawi.

Pengecekkan kualitas air sendiri, lanjut Tantawi, akan dilakukan ke laboratorium yang berada di Palembang Sumatera Selatan. Karena untuk menjamin hasil uji laboratorium ini harus dilakukan di laboratorium yang sudah bersertifikasi.

\"Hasil yang dikeluarkan oleh laboratorium ini selanjutnya akan digunakan sebagai pembanding dari hasil uji lab yang dilakukan oleh pihak perusahaan,\" pungkas Tantawi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: