Seltim Belum Laporkan DD

Seltim Belum Laporkan DD

\"dana_bengkulu_ekspress\"

TAIS, BE - Selangkah lagi, 182 desa di Kabupaten Seluma menerima kucuran anggaran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap kedua. Dari 14 kecamatan yang ada di daerah ini, desa di Kecamatan Seluma Timur (Seltim) belum satupun menyampaikan laporan realisasi DD/ADD tahap pertama. Sejauh ini, Dinas Pendapatan, Pengelolaan dan Keuangan Daerah (DPPKAD) Kabupaten Seluma baru menerima 123 laporan realisasi DD dan ADD.

Camat Seluma Timur Adiman SE Kepada BE mengakui laporan desa dibawah naungan kecamatan yang ia pimpin belum diterima.

\"Memang laporan beberapa desa kita dikembalikan, lantaran ditemukan kekurangan dan masih terdapat beberapa pekerjaan yang dilakukan tidak tercantum dalam laporan desa,” tegas

Selain memerintahkan melengkapi kekurangan laporan desa, tim kecamatan juga mengecek pekerjaan yang sudah dilakukan di desa. Pengecekan itu sebagai pengawasan terhadap realisasi pekerjaan menggunakan DD tersebut. Pekerjaan yang dilakukan desa harus sesuai dengan perencanaan.

“Ini juga bagaian dari pengawasan kecamatan dalam pengawasan realisasi DD sehingga pembangunan bisa dikethui secara pasti dan benar,” ujarnya.

Pelaksana tugas Kepala DPPKAD Seluma Deddy Ramdhani SE MSE MA menegaskan, sedikitnya 123 desa sudah menyampaikan laporan realisasi penggunaan DD dan ADD. Senin(29/8) laporan itu diajukan ke Bupati Seluma untuk proses penyampaian laporan ke Kementerian Keuangan. Sebagai syarat pencairan DD tahap II dari Pemerintah RI. Penyertaan laporan realisasi DD sebesar 60 persen yang telah di transfer ke masing-masing desa.

“Sekarang kita sampaikan laporan itu ke Bupati dan selanjutnya disampaikan ke Kementerian Keuangan sebagai syarat ditransfernya DD 40 persen ke kas daerah,” tegasnya.

Saat ini pekerjaan di setiap desa yang menggunakan DD perkembangannya sudah mencapai 67 persen. Sisanya 37 persen lagi diselesaikan menggunakan DD tahap II yang sebentar lagi cair.

Deddy mengharapkan, Kemenkeu segera mengirimkan anggaran desa itu ke kas daerah Seluma sehingga bisa kembali dikirim ke rekening masing-masing desa.

Disampaikan Deddy, hingga saat ini desa yang belum menyampaikan realisasi DD antara lain, Kecamatan Sukaraja 4 desa, Semidang Alas Maras (SAM) 17 desa, Seluma Utara 7 desa, Seluma Selatan 7 desa, Talo Kecil 2 desa, Semidang Alas (SA) 4 desa, Lubuk Sandi 3 Desa, Air Periukan 1 desa, Ulu Talo 4 desa, Kecamatan Ilir Talo.

“Untuk desa yang belum menyampaikan diminta untuk segera menyampaikan laporan realisasi angarannya. Untuk ADD kita segera mengirimkan dananya dalam minggu ini juga ke rekening desa,”singkatnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: