Penerangan Ring Road Pakai Lampu Tenaga Surya

Penerangan Ring Road Pakai Lampu Tenaga Surya

\"\"KEPAHIANG, BE - Pembangunan jalan lingkar (ringroad) di Kepahiang yang sedang dikerjakan akan difasilitasi dengan penerangan lampu yang bersumber tenaga surya. Hal ini dijadikan langkah alternatif untuk penghematan listrik dan tidak bergantung pada pasokan listrik PLN seperti lampu jalam kebanyakan. Selain itu, Hal juga untuk mengantisipasi kerusakan lampu jalan seperti yang terjadi di Kepahiang saat ini.

\" Pemasangan lampu jalan bertenaga surya untuk mengantisipasi seringnya lampu jalan yang rusak,\" ujar Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kepahiang Sigit Tulus Wikono SPd.

Dikatakannya, selain ringroad, jembatan Musi II akan menggunakan lampu bertenaga surya ini.Untuk pemasangan lampu dilakukan jika pembangunan jalan dan jembatan itu dinilai telah selesai.

\"Penggunaan listrik tenaga surya (solar system) untuk penerangan ring road akan menghemat energi lebih besar ketimbang penggunaan energi listrik dari PLN.Jadi mirip seperti penerapan pada traffic light yang banyak digunakan saat ini,\" terang Sigit.

Meski demikian, tetap diperlukan biaya perawatan alat (maintenance) untuk fasilitas ini dan dilakukan pengecekan secara berkala. Dijelaskannya, listrik dengan tenaga surya masih tetap akan bekerja meski berada di Kepahiang yang memiliki kelembaban dan sinar matahari yang tidak terlalu terik.\"Penerapan teknologi ini sudah sesuai dengan pengkajian dan dianggap sesuai untuk Kabupaten Kepahiang,\" tandasnya.(505)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: