Operasi Zebra Nala 2024 Dimulai, Fokus Pada Tatib Lalu Lintas dan Keamanan Jelang Pelantikan Presiden

 Operasi Zebra Nala 2024 Dimulai,  Fokus Pada Tatib  Lalu Lintas dan Keamanan Jelang Pelantikan Presiden

Waka Polda Bengkulu pimpin operasi zebra nala tahun 2024 di lapangan Polda Bengkulu-foto:istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM  -  Polda Bengkulu melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda kembali menggelar operasi zebra nala tahun 2024, Senin (14/10/2024). 

Apel gelar pasukan operasi zebra nala ini dilakukan di lapangan Anton Soejarwo, Polda Bengkulu dan dipimpin langsung oleh Wakapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Agus Salim.

Dikatakan Brigjen Pol Drs Agus Salim, operasi zebra nala ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024. 

Tujuan dari operasi ini adalah mendukung kelancaran dan keamanan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib lalu lintas demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

BACA JUGA:15 Ribu Personel Polri Siap Amankan Pelantikan Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

BACA JUGA:Proses Pemeriksaan Kesehatan Cakada Diamankan 190 Personel Polda Bengkulu

Ia juga menegaskan pentingnya penertiban berbagai pelanggaran lalu lintas selama operasi berlangsung. Fokus penindakan mencakup pelanggaran seperti penggunaan strobo dan alat penerangan tambahan yang tidak sesuai.

"Seluruh personel kepolisian di tingkat Polda, Polres, serta Satuan Tugas Daerah (Satgasda) dan Satuan Tugas Resor (Satgasres) akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk menjalankan operasi ini secara serentak di seluruh wilayah Indonesia," ujar Brigjen Agus Salim usai memimpin apel gelar pasukan di Polda Bengkulu.

Tak hanya itu, Waka Polda Bengkulu ini juga menyampaikan bahwa pelanggran yang akan ditindak juga meliputi pengemudi yang tidak memakai safety belt, penggunaan kendaraan yang tidak sesuai standar, penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi, melawan arus, hingga berkendara sambil mabuk atau menggunakan ponsel.

Sementara itu Brigjen Pol Agus Salim juga mengingatkan seluruh petugas yang terlibat untuk selalu memprioritaskan keselamatan selama bertugas, mematuhi prosedur standar operasional, serta menghindari praktik pungutan liar yang dapat menimbulkan keluhan dari masyarakat. 

"Operasi Zebra Nala 2024 diharapkan dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menciptakan suasana yang aman serta tertib, terutama menjelang momentum penting pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Serta personel yang bertugas dapat menjalankan tugasnya dengan baik," pungkas Waka Polda Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: