Kaya Akan Sumber Protein, Simak 5 Manfaat Makan Belalang untuk Kesehatan

Kaya Akan Sumber Protein, Simak 5 Manfaat Makan Belalang untuk Kesehatan

Manfaat konsumsi belalang untuk kesehatan -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah Anda mencoba makan belalang? Ternyata mengonsumsi belalang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Apa manfaat belalang untuk kesehatan? Untuk mengetahuinya simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini. 

Belalang atau disebut juga walang (Caelifera) merupakan serangga yang mudah ditemukan di persawahan atau perkebunan Indonesia.

Di banyak wilayah, serangga ini dikonsumsi sebagai sumber protein. Masyarakat di beberapa daerah, seperti Yogyakarta, Solo, dan daerah lain yang memiliki banyak perkebunan, sering mengolah belalang menjadi makanan harian.

BACA JUGA:Kurma Milk: Minuman Sehat Berbahan Kurma Asli Hadir di Bengkulu

BACA JUGA:Waspada, Inilah 10 Bahaya Asam Lambung Jika Diabaikan

Spesies belalang yang digunakan adalah belalang kayu (Locusta migratoria) dan belalang biru (Oxya chinensis). Belalang ditumis dan ditambahkan bumbu lainnya. Belalang juga dapat ditumis, dikukus atau dipanggang.

Belalang memiliki cakar yang tajam dan keras, jadi buanglah sayap dan kakinya sebelum dimakan. Belalang kaya akan protein, serat, vitamin dan mineral dan dianggap sebagai alternatif yang berkelanjutan untuk daging.

Manfaat Mengonsumsi Belalang untuk Kesehatan 

Belalang memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk antioksidan, antihipertensi, antiinflamasi, antibakteri, dan imunomodulator.

Manfaat-manfaat ini terkait dengan senyawa bioaktif dalam belalang. Yuk, kita bahas masing-masing manfaat belalang untuk kesehatan. 

BACA JUGA:Bahan Pangan Diberbagai Negara, Kenali 8 Manfaat Laminaria Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Waspada, Inilah 10 Bahaya Asam Lambung Jika Diabaikan

1. Sumber antioksidan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: