Kaya Akan Sumber Protein, Simak 5 Manfaat Makan Belalang untuk Kesehatan

Kaya Akan Sumber Protein, Simak 5 Manfaat Makan Belalang untuk Kesehatan

Manfaat konsumsi belalang untuk kesehatan -Pinterest-

Manfaat utama dari mengonsumsi belalang adalah mengandung komponen yang bersifat antioksidan, seperti protein, peptida, dan beberapa senyawa lainnya.

Komponen-komponen ini membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas mempercepat proses penuaan, menyebabkan keriput dan masalah kulit lainnya. Antioksidan dalam belalang membantu memperlambat proses ini dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

2. Mengurangi tekanan darah tinggi

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Insects, belalang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ini karena belalang kaya akan protein, yang dihidrolisis menjadi peptida bioaktif dengan sifat antihipertensi.

BACA JUGA:Minuman Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, dr Zaidul Akbar Rutinkan Setiap Hari

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Ubi Jalar dan Cara Mengonsumsinya

Peptida ini dapat menghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), yang bertanggung jawab untuk mengurangi produksi angiotensin II, yang melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah.

3. Mengurangi peradangan

Protein dan peptida dalam waluh goreng memiliki sifat anti-inflamasi yang penting bagi kesehatan. Senyawa bioaktif ini mengurangi peradangan dengan menghambat produksi zat pro-inflamasi seperti sitokin dan prostaglandin.

Dengan menghambat sitokin dan prostaglandin, konsumsi belalang dapat mencegah kondisi peradangan kronis seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan gangguan metabolisme.

Efek ini juga berarti pemulihan yang lebih cepat dari cedera dan infeksi. Ini karena peradangan yang berlebihan sering kali menunda penyembuhan.

BACA JUGA:11 Sayuran Ini Bisa Jadi Lalapan Sehat Untuk Menu Harian

BACA JUGA:Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Tenggorokan, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

4. Tindakan antibakteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: