Mukadimah tentang Cara Memasak Sayur agar Nutrisinya Tidak Hilang

Mukadimah tentang Cara Memasak Sayur agar Nutrisinya Tidak Hilang

Cara memasak sayur dengan tepat agar nutrisinya tidak hilang -Pinterest-

2. Merebus dengan Sedikit Air

Jika ingin merebus, gunakan air secukupnya untuk mengurangi hilangnya vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin C dan vitamin B. 

Jangan merebus sayuran terlalu lama, cukup sampai mereka lunak tapi masih sedikit renyah (al dente). Gunakan air rebusan sayur sebagai kaldu untuk menghindari pembuangan nutrisinya.

3. Tumis Cepat (Sautéing)

Menumis sayuran dengan sedikit minyak (misalnya minyak zaitun atau kelapa) dalam waktu yang singkat dapat membantu menjaga nutrisi, terutama bila tidak dilakukan dalam waktu yang lama dan pada suhu yang terlalu tinggi. 

Sayuran yang kaya antioksidan dan vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K justru lebih efektif diserap jika dimasak bersama lemak sehat.

BACA JUGA:Ini Besaran Kebutuhan Karbohidrat Harian Kamu untuk Kesehatan Tubuh!

BACA JUGA:Begini Cara Mencegah Kanker Kulit dengan Skincare

6. Memanggang dengan Suhu Rendah

Memanggang atau memanggang sayuran dalam oven pada suhu rendah dapat membantu menjaga vitamin dan mineral dalam sayuran tetap utuh. 

Penting untuk tidak menggunakan suhu terlalu tinggi, karena bisa merusak kandungan gizi. Sayuran seperti paprika, kentang, dan tomat cocok untuk metode ini.

7. Blanching

Blanching adalah proses merendam sayuran dalam air mendidih untuk waktu yang sangat singkat, lalu segera merendamnya dalam air dingin untuk menghentikan proses pemasakan. 

Metode ini sangat baik untuk mempertahankan warna, tekstur, dan kandungan nutrisi sayuran.

BACA JUGA:Manfaat Green Tea untuk Wajah! Kaya Antioksidan dan Nutrisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: