Ini 5 Jenis, Penyebab, dan Ciri-ciri Ketombe yang Bisa Mengurangi Rasa Percaya Diri

Ini 5 Jenis, Penyebab, dan Ciri-ciri Ketombe yang Bisa Mengurangi Rasa Percaya Diri

Jenis, penyebab, dan ciri-ciri ketombe di kepala -Pinterest-

Ciri-ciri: Kulit kepala akan terlihat sangat kering, merah, dan bersisik. Ketombe yang dihasilkan oleh psoriasis cenderung lebih tebal, bersisik, dan terlihat seperti lapisan plak berwarna keperakan.

Penyebab: Psoriasis adalah kondisi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh mempercepat pertumbuhan sel kulit. Ini menyebabkan penumpukan sel kulit yang berlebihan dan munculnya plak tebal.

Solusi: Pengobatan dengan krim kortikosteroid atau sampo khusus yang mengandung tar (tar-based shampoo) bisa membantu mengurangi peradangan. Dalam kasus yang lebih serius, konsultasikan dengan dokter kulit untuk pengobatan lebih lanjut.

5. Ketombe Akibat Sensitivitas Produk

Ciri-ciri: Ketombe sering kali disertai dengan iritasi, kemerahan, dan gatal pada kulit kepala. Serpihan bisa kering atau berminyak, tergantung jenis kulit kepala.

Penyebab: Beberapa produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, gel, atau pewarna rambut mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan reaksi alergi atau iritasi kulit kepala, sehingga memicu ketombe.

Solusi: Hentikan penggunaan produk yang memicu iritasi. Pilih produk yang bebas dari bahan kimia keras, seperti paraben, sulfat, dan pewangi buatan.

BACA JUGA:7 Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan, dr Zaidul Akbar: Salah Satunya Mengatasi Sakit Kepala

BACA JUGA:Tanaman Liar Ini Ampuh Mengatasi Masalah Ginjal, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

Itulah jenis-jenis ketombe yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahui dan memahami jenis serta penyebabnya Anda dapat mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: