Ini Dia 5 Jenis Nutrisi Yang Bantu Jalankan Puasa Tetap Sehat

Ini Dia 5 Jenis Nutrisi Yang Bantu Jalankan Puasa Tetap Sehat

Jenis Nutrisi yang Bantu Jalankan Puasa Tetap Sehat -freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan kamu harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh agar tetap sehat dan tidak lemas saat menjalakan puasa. 

Mengapa begitu, hal ini disebabkan karena kamu tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam, dan pastinya akan ada perubahan fungsional pada tubuh.

Jika asupan makanan tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin tubuh akan terasa lemas dan lesu saat puasa. Pastinya, berbagai penyakit pun rentan menyerang.

Nah, supaya kamu terhindar dari berbagai serangan penyakit dan tetap lancar saat berpuasa, pastikan kamu memenuhi kebutuhan tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan saat puasa berikut ini:

BACA JUGA:Kenali Sebelum Salah Beli, Berikut Ciri Kolang-kaling Berkualitas untuk Menu Berbuka

  • Karbohidrat

Nutrisi satu ini juga sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Pasalnya, karbohidrat menjadi sumber energi utama yang akan digunakan oleh tubuh untuk menunjang segala aktivitas kamu sehari-hari. 

Kurangnya asupan karbohidrat pada tubuh tentu akan membuat kamu merasa lesu dan kurang bertenaga. 

Supaya tidak cepat lapar, kamu bisa memilih menu sahur berupa karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau oatmeal.

BACA JUGA:Minuman Herbal Tempe dan Kurma, Ampuh Atasi Sakit Maag, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

  • Protein

Protein tak hanya berperan untuk mempercepat terbentuknya jaringan otot pada tubuh kamu. Nutrisi makro ini juga penting sebagai glikogen yang akan dipecah agar tubuh tetap berenergi, meskipun sedang berpuasa. 

Kamu bisa memilih telur, ayam, atau ikan daripada daging sebagai menu saat bersantap sahur. Namun, jangan sampai kamu mengonsumsi banyak garam ya, karena bisa membuat kamu cepat merasa haus.

Rasa kenyang lebih lama juga bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi makanan berserat saat sahur dan berbuka. Hal ini disebabkan karena serat membantu memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula.

Nutrisi satu ini tak hanya bisa kamu dapatkan pada berbagai sayur-sayuran, tetapi juga pada beberapa makanan sumber karbohidrat, seperti beras merah, hitam, atau cokelat. Serat juga baik untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, lho, sehingga tubuh akan terjaga kesehatannya.

BACA JUGA:Jangan Buang Minuman Ini, Bisa Mencegah Dehidrasi, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

  • Lemak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: