Sering Diabaikan, Inilah 7 Kebiasaaan yang Dapat Merusak Kuku

Sering Diabaikan, Inilah 7 Kebiasaaan yang Dapat Merusak Kuku

Kebiasaan yang dapat merusak kuku -Pinterest: Crystal Moffett-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kuku yang sehat dan kuat mencerminkan kebersihan serta kesehatan secara keseluruhan. Namun, banyak dari kita tanpa sadar melakukan kebiasaan yang dapat merusak kuku. 

Meskipun tampak sepele, kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh, pecah, bahkan terinfeksi. Kuku bukan hanya pelindung jari, tetapi juga bagian tubuh yang memerlukan perhatian khusus. 

Dengan mengetahui kebiasaan yang merusak kuku, kita bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan kuku secara optimal. Berikut kebiasaan yang dapat merusak kuku yang perlu diperhatikan. 

1. Menggigit kuku

Menggigit kuku merupakan salah satu kebiasaan umum yang dapat merusak kuku. Kebiasaan ini dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh, warnanya tidak merata, dan rentan terhadap infeksi karena bakteri dari mulut dapat masuk melalui celah pada kuku yang rusak.

BACA JUGA:Hati-hati! Makanan Dapat Menyebabkan Perut Kembung

BACA JUGA:Kebiasaan Ini Membuat Jerawat Makin Betah di Wajah

2. Menggunakan kuku untuk membuka atau membuang benda

Menggunakan kuku sebagai alat untuk membuka tutup botol, mengambil benda, atau mengikis permukaan yang keras dapat mengakibatkan kuku patah atau retak. Kuku tidak dirancang untuk tugas ini dan tekanan berlebihan dapat mematahkannya.

3. Kebiasaan merendam kuku terlalu lama dalam air

Terlalu lama merendam kuku dalam air, seperti saat mandi atau mencuci piring tanpa menggunakan sarung tangan, dapat menyebabkan kuku menjadi kering dan rapuh. Kelebihan air dapat melemahkan struktur kuku sehingga lebih rentan retak atau pecah.

4. Menggunakan bahan kimia tanpa perlindungan

Bahan kimia yang ditemukan dalam pembersih rumah tangga, deterjen atau cat kuku bisa sangat keras pada kuku dan kulit di sekitarnya. Tanpa pelindung seperti sarung tangan, kuku bisa menjadi kering, rapuh, dan lebih mudah patah.

BACA JUGA:Ini Dia Dampak Berbahaya Salju Bagi Manusia Yang Tidak Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: