Kenali 5 Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kandungan vitamin K untuk kesehatan tubuh -Pinterest: Mujeres Y Madres-

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang, yang meningkatkan risiko patah tulang dan osteoporosis, terutama pada wanita pasca-menopause.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Vitamin K juga membantu mencegah kalsifikasi pembuluh darah, yaitu kondisi di mana kalsium menumpuk di dinding arteri dan memperkeras pembuluh darah. 

Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Vitamin K mengaktifkan protein yang dikenal sebagai Matrix Gla Protein (MGP), yang mencegah pengendapan kalsium di pembuluh darah, sehingga menjaga elastisitas pembuluh darah dan mencegah aterosklerosis (pengerasan arteri).

4. Mendukung Proses Pembekuan Darah

Fungsi utama vitamin K adalah membantu tubuh memproduksi protein yang diperlukan untuk pembekuan darah (koagulasi). 

BACA JUGA:5 Makanan Ini Ternyata Bisa Membuat Badan Tak Sehat, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

BACA JUGA:Terlanjur Melihat Anak Nonton Konten Dewasa? Ini Cara Tepat untuk Menghadapinya

Tanpa vitamin K yang cukup, tubuh akan kesulitan membentuk gumpalan darah yang diperlukan untuk menghentikan pendarahan setelah cedera. 

Vitamin K mengaktifkan protein dan kalsium yang diperlukan untuk proses ini. Defisiensi vitamin K dapat menyebabkan masalah pembekuan darah dan peningkatan risiko pendarahan.

5. Mendukung Fungsi Kognitif

Vtamin K juga berperan dalam menjaga kesehatan otak. Ini karena vitamin K mempengaruhi metabolisme sphingolipid, senyawa yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di otak, yang penting untuk struktur dan fungsi sel-sel saraf. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin K mungkin memiliki peran dalam menjaga memori dan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

BACA JUGA:Jangan Bawa Perasaan, Bebaskan Diri dari Jerat Friendzone dengan 5 Cara ini

BACA JUGA:Hama Menghambat Pertumbuhan Tanaman, Ini 5 Bahan Dapur yang Ampuh Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: