Ikuti 6 Tips Mudah Merawat Diri dari Pengaruh Media Digital

Ikuti 6 Tips Mudah Merawat Diri dari Pengaruh Media Digital

Cara merawat diri dari dampak media digital -Pinterest-

2. Kurangi penggunaan aplikasi pada perangkat digital 

Sebagian besar orang menggunakan banyak aplikasi karena mudah diakses daripada diperlukan. Anda dapat menghapus aplikasi tertentu di ponsel dan hanya mengaksesnya di komputer untuk mengurangi frekuensi memeriksa.

3. Matikan perangkat digital jika ingin tidur

Cobalah untuk membatasi paparan cahaya biru yang ada papa ponsel sebelum tidur (idealnya 2-3 jam sebelum tidur). Jika ini tidak memungkinkan, gunakan kacamata penghalang cahaya biru, atur ponsel ke mode malam, dan redupkan kecerahan layar.

4. Coba buat tantangan tanpa perangkat digital 

Cobalah memulai hari dengan satu jam tanpa teknologi yang mencakup persiapan diri, berjalan-jalan santai, dan menulis jurnal sambil menikmati secangkir kopi atau teh.

Jika hal itu tidak memungkinkan bagi Anda, cobalah hal yang lainnya, karena bahkan menunda pemeriksaan ponsel selama 15-30 menit dapat membantu Anda memulai pagi dan hari dengan lebih sadar.

BACA JUGA:Perkuat Imunitas Anak untuk Atasi Demam Berdarah

BACA JUGA:Manfaat Artemisia Annua untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5. Batasi penggunaan perangkat digital  

Batasi berapa banyak dan kapan Anda menggunakan perangkat. Misalnya, Anda bisa membuat aturan bahwa ketika sedang berbicara tatap muka, Anda tidak memeriksa ponsel. Atau Anda mengaktifkan mode pesawat saat makan.

6. Lakukan detoks digital

Terkahir Anda bisa lakukan detoks digital. Detoks digital adalah memulai hari-hari tanpa media digital seperti ponsel. Hari-hari tanpa teknologi semakin populer berkat banyak manfaat yang dirasakan orang dari sementara waktu melepaskan perangkat mereka.

Detoks digital dapat memberi Anda waktu dan ruang pikiran untuk fokus pada hal-hal yang penting bagi Anda, seperti menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang tercinta, mencoba sesuatu yang baru, melakukan hobi, dan memeriksa diri sendiri.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan diri digital agar tidak berpengaruh pada kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: