Ini Dia 6 Penyebab Gigi Menguning yang Perlu Diketahui

Ini Dia 6 Penyebab Gigi Menguning yang Perlu Diketahui

Gigi kuning merupakan saalah satu permasalan gigi yang membuat banyak orang tidak nyaman dan tidak percaya diri. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gigi kuning merupakan saalah satu permasalan gigi yang membuat banyak orang tidak nyaman dan tidak percaya diri. 

Kebanyakan orang terlahir dengan gigi berwarna gading, namun ada beragam warna yang terjadi secara alami, mulai dari kuning hingga abu-abu. 

Warna gigi Anda ditentukan oleh DNA dengan cara yang sama ketika DNA menentukan warna mata atau rambut. Meski demikian, ternyata tidak sedikit orang yang memiliki gigi kuning.

Warna kuning bukan tanda dari buruknya kesehatan mulut, namun gigi kuning umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk terhadap gigi. Jika tidak mencari cara mengatasi gigi kuning dengan segera, bukan tidak mungkin akan berlanjut hingga timbul kerusakan pada gigi. 

BACA JUGA:Ini Perawatan Gigi dan Gusi yang Mudah dan Dapat dilakukan di Rumah

Oleh karena itu, mari kita lihat beberapa penyebab perubahan warna gigi kuning dapat terjadi. 

1. Gigi yang Tidak Bersih

Gigi yang tidak bersih menjadi penyebab umum gigi menjadi berwarna tolol. Timbunan plak adalah satu dari penyebab-penyebab utama noda gigi. 

Plak bisa muncul karena berbagai hal, mulai dari menumpuknya jaringan ludah sedikit demi sedikit, hingga bekas makanan yang tidak dibersihkan. Semakin lama Anda tidak membersihkan atau menggosok gigi, maka semakin tebal plak yang ada di gigi dan gusi.

Pastikan Anda menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, memakai dental floss setidaknya sekali sehari, dan berkumur dengan antiseptic mouthwash untuk menghilangkan bakteri dan mencegah plak dan tartar.

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Rambut Rontok pada Remaja dan Cara Mengatasinya

2. Kebiasaan Minum Kopi dan Teh

Kopi dan teh memiliki kandungan zat yang dapat mengubah warna gigi. Pada kopi dan teh, kandungan taninnya ternyata menyebabkan gigi menguning

Tanin akan menempel pada lapisan gigi terluar, sehingga perlahan-lahan mengubah warna gigi menjadi kuning. Pada gigi dengan permukaan yang tidak rata, noda kuning ini akan semakin mudah terlihat dan semakin jelas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: