Dosa Anak Akan Terus Mengalir dan Juga Ditanggung Orang Tua, Buya Yahya: Bila Melakukan Ini

Dosa Anak Akan Terus Mengalir dan Juga Ditanggung Orang Tua, Buya Yahya: Bila Melakukan Ini

Buya Yahya jelaskan dosa anak yang terus mengalir dan ditanggung orang tua-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Namun, khusus untuk dosa anak yang disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian orang tua dalam mendidik, maka orang tua juga dapat ikut menanggungnya.

"(Dosa) nggak akan ditumpangkan kepada orang lain kecuali, kecuali dosa yang dilakukan oleh anak sebabnya karena orang tua," tambah Buya Yahya.

Contoh dari dosa anak yang disebabkan oleh orang tua adalah ketika orang tua tidak mendidik anaknya tentang agama dan kebaikan, serta tidak mengajarkan anak untuk menjauhi maksiat.

Kealpaan dalam memberikan pendidikan moral dan spiritual kepada anak dapat menyebabkan orang tua juga turut menanggung dosa dari perbuatan maksiat yang dilakukan oleh anak.

"Misalnya, orang tua tidak pernah mendidik, tidak pernah mengajak sholat maka anaknya terus tidak sholat dapet itu bagian (dosa) orang tua," kata Buya Yahya.

BACA JUGA:Agar Tak Banyak Menuntut Kekurangan Pasangan, Buya Yahya Sarankan Harus Memiliki Prinsip Ini

BACA JUGA:Nikah Muda Atau Tunda Terlebih Dahulu? Buya Yahya Tekannya Pentingnya Ini

"Orang tua tidak pernah mendidik anaknya takut zina bahkan membiarkan anak perempuannya dibawa laki-laki, ketahuilah dosa yang dilakukan sang anak ditumpangkan kepada orang tuanya," tambah Buya Yahya.

Sebagai orang tua, jangan pernah malu untuk menjadi teman bagi anak kita sendiri. Kedekatan ini memudahkan kita dalam mendidik dan mengontrol anak.

Namun, jika orang tua sudah mendidik anak dengan benar, tetapi anak tetap melakukan maksiat, maka orang tua tidak akan ikut menanggung dosa tersebut.

"Tapi kalau seorang tua sudah mendidik dengan benar, dekat kepada Allah, dikenalkan kepada ulama', diajarkan halal haram, dikirim ke tempat yang baik, lha kok maksiat ya nggak nyambung dong kepada orang tua. (Ditanggung) masing-masing dong (dosanya)," ujar Buya Yahya.

Jika dosa seorang anak disebabkan oleh kelalaian orang tua dalam mendidik, maka orang tua akan ikut menanggung dosa dari anak tersebut.

BACA JUGA:Saat Seperti Ini, Nikah Bagi Seseorang Hukumnya Menjadi Wajib, Berikut Penjelasan Buya Yahya

BACA JUGA:Adakah Ukuran Kesanggupan Seseorang untuk Menikah, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Namun, jika orang tua sudah mendidik anaknya dengan benar dan anak tersebut melakukan dosa karena kelalaiannya sendiri, maka orang tua tidak akan ikut menanggung dosa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: