Pemkot Bengkulu Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih untuk Masyarakat

Pemkot Bengkulu Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih untuk Masyarakat

Pemkot Bengkulu Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih untuk Masyarakat-(istimewa)-

BENGKULUEKSPREESS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu memulai Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024 untuk masyarakat

Kegiatan ini dilaunching langsung oleh Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu Arif Gunadi di kantor Walikota, ditandai dengan pemberian bendera secara simbolis untuk para Kepala OPD, Camat, jajaran Pemkot dan siswa-siswi. 

Hal ini sebagai tindaklanjut Surat Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Nomor: 400.10.1.1/2152/SJ, tanggal 8 Mei 2024 dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melaksanakan "Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih" dengan pemikiran bahwa Bendera Merah Putih merupakan identitas, symbol dan alat pemersatu Masyarakat Indonesia.

Dikatakan Pj Walikota, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk wujud partisipasi sebagai warga negara yang cinta tanah air, maka dengan mengibarkan bendera merah putih secara tidak langsung telah memberikan penghormatan tertinggi untuk para pahlawan dan pejuang yang rela berkorban nyawa, darah dan harta demi tercapainya kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Anti Nyasar, Begini Cara Akuratkan Google Maps

Bagi Arif, momentum 17 Agustus yang diperingati setiap tahun menjadi kesempatan sangat baik untuk memupuk rasa patriotisme dan nasionalisme bagi nusa dan bangsa. Dengan mengibarkakan bendera merah putih secara serentak terhitung mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2024.

"Kegiatan ini program Pemerintah Pusat yang harus ditindaklanjuti oleh setiap Pemda. Ini dalam rangka gerakan nasional pembagian bendera merah putih sebagai upaya pemerintah agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga, tidak terjadi konflik sesama warga negara, karena pemersatu bangsa ini ialah merah putih," ujar Arif. 

Oleh karena itu, Arif berharap seluruh masyarakat Kota Bengkulu dapat memaknai dan menyemarakkan rangkaian HUT ke-79 RI dengan melakukan pemasangan bendera merah putih.

"Selain masyarakat umum, kita juga mengimbau seluruh ASN Pemkot Bengkulu melakukan pemasangan bendera merah putih di rumah masing-masing," ajak Arif.

"Intinya, sebagai warga Indonesia yang baik kita tidak boleh berdiam diri, karena hari ulang tahun kemerdekaan merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kita juga ikut ambil bagian dalam memeriahkan peringatan ini dengan mengibarkan bendera Merah Putih di rumah masing-masing selama bulan Agustus," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengimbau seluruh masyarakat untuk memasang Bendera Merah Putih di rumah masing-masing secara serentak mulai 1 Agustus dalam rangka menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

BACA JUGA:Limbah PT. TLB Diduga Menjadi Penyebab Suhu Air Laut di Bengkulu Naik 6 Derajat Celcius

Dengan langkah itu semarak pemasangan bendera Sang Saka Merah Putih menjadi pengingat akan perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. 

Lewat pemasangan bendera ini dapat tercipta suasana menghormati pahlawan pada zaman dahulu yang gugur untuk berjuang merebut kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: