Jadi Fenomena Terbaru, Ini Penyebab, Gejala Gagal Ginjal pada Anak dan Biaya Cuci Darahnya

Jadi Fenomena Terbaru, Ini Penyebab, Gejala Gagal Ginjal pada Anak dan Biaya Cuci Darahnya

Ditahun 2024 ini ada banyak kejadian yang menarik perhatian salah satunya adalah pemberitaan mengenai fenomena banyaknya anak-anak yang melakukan cuci darah. -freepik.com-

2. Pielonefritis 

Infeksi ginjal atau pielonefritis adalah infeksi di ginjal yang dapat menimbulkan gejala berupa munculnya darah atau nanah dalam urine. Infeksi ginjal sering kali terjadi akibat infeksi kandung kemih sebelumnya.

3. Penyakit autoimun 

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Ada lebih dari 80 penyakit yang digolongkan penyakit autoimun. Beberapa penyakit di antaranya memiliki gejala serupa, seperti lelah, nyeri otot, dan demam.

4. Pola hidup yang tidak sehat 

Saat ini dengan beragamnya inovasi mulai dari makanan dan minuman, menyebabkan anak-anak bebas memilih apapun yang mereka suka tanpa memperhatikan risiko kesehatan yang dapat mengakibatkan obesitas. 

BACA JUGA:Berabad-abad Digunakan Sebagai Obat Tradisional, Inilah 5 Manfaat Daun Jelatang bagi Kesehatan

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas obesitas menjadi salah satu penyebab risiko gagal ginjal yang tinggi terlebih memiliki riwayat penyakit lainnya seperti hipertensi. 

Hal inilah yang sekarang menjadi perhatian karena saat ini asupan nutrisi yang didapatkan oleh anak-anak kebanyak disumbang dari makanan cepat saji yang mengandung sedikit nutrisi sehingga tidak dapat mencukupi gizi harian yang dapat menjaga kesehatan ginjal. 

Gejala dan Cara Mencegah Gagal Ginjal

Gejala gagal ginjal pada anakpun beragam mulai dari tekanan darah tinggi, kehilangan berat badan, pertumbuhan melambat, terjadinya pembekakan pada bagian tubuh tertentu, tampak lelah dan lesu, seringnya buang air atau kurang buang air, serta air urin yang berdarah dan berbusa ketika buang air. 

Jika sudah mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas, salah satu cara yang paling efektif yang harus dilakukan adalah cuci darah. Nah, beberapa pertanyaan mengenai cuci darah adalah biaya pengeluaran yang harus dikeluarkan. 

BACA JUGA:Waspada Gangguan Autoimun, Ini Dia 10 Penyebab Biduran yang Perlu Diketahui

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk cuci darah? Dalam hal ini tentu setiap rumah sakit memiliki biaya untuk mencuci darah yang berbeda-beda.

Namun, mengutip dari laman booking rumah sakit secara online, rumah sakit rata-rata mematok biaya mulai dari Rp1 hingga Rp 1,5 jutaan untuk sekali melakukan cuci darah. Jika Anda tidak menginginkan pembengkakan biaya karena cuci darah Anda bisa mendaftar dengan menggunakan BPJS kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: