Bisa Sebabkan Sindrom Metabolik, Ketahui 6 Efek Samping Makan Mie Instan untuk Kesehatan

Bisa Sebabkan Sindrom Metabolik, Ketahui 6 Efek Samping Makan Mie Instan untuk Kesehatan

Mie instan adalah makanan cepat saji yang murah, praktis, dan mudah dibuat-Pinterest -

5. Tekanan darah tinggi

Seperti yang telah dijelaskan, asupan garam berlebih dapat mengganggu kerja ginjal untuk mengeluarkan air sehingga menyebabkan penumpukan cairan. 

Nah, kelebihan air ini akan menyebabkan tekanan ekstra pada dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah pun meningkat.

Jika Anda telah menderita tekanan darah tinggi atau memiliki faktor risiko tersebut dari keluarga, makan mie instan setiap hari akan makin meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, obat yang Anda minum untuk mengendalikan tekanan darah pun menjadi tidak bekerja maksimal.

BACA JUGA:Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

6. Gangguan fungsi otak

Mengonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. 

Efek terlalu sering makan mie instan kemungkinan akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Selain itu, kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

Itulah efek samping jika mengonsumsi mie instan setiap hari. Mengingat efek makan mie instan setiap hari sangatlah buruk, batasilah konsumsinya, misalnya 1–2 kali sebulan. 

Cara membatasi konsumsi mie instan juga dapat dilakukan dengan hanya mengonsumsinya pada kondisi tertentu, contohnya saat berkemah atau saat mengalami kondisi darurat seperti bencana alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: