Teri, Ikan Mungil dengan Beragam Manfaat untuk Tubuh

Teri, Ikan Mungil dengan Beragam Manfaat untuk Tubuh

Ikan teri termasuk dalam keluarga Engraulidae yang memiliki lebih dari 140 spesies di dunia.-Pinterest -

Untuk mendapatkan manfaat ikan teri ini, hindari mengolah ikan teri dengan cara digoreng dan diasinkan. Hal ini karena menggoreng ikan teri dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam ikan. 

Sementara ikan teri yang diasinkan mengandung garam yang tinggi, sehingga berbahaya bagi penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

BACA JUGA:Ramuan Alami Agar Otak Makin Pintar, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

3. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ikan teri lainnya adalah menjaga tulang tetap kuat. Hal ini karena ikan teri kaya akan mineral, seperti kalsium dan fosfor, yang baik untuk kesehatan tulang. 

Konsumsi makanan tinggi kalsium secara rutin pun dapat mencegah osteoporosis di kemudian hari.

4. Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu manfaat ikan teri yang bisa diperoleh dari ikan kecil ini. Asam lemak omega-3 yang tinggi dalam ikan teri mampu mencegah degenerasi makula yang dapat mengganggu penglihatan. 

Omega-3 dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan degenerasi makula, gangguan penglihatan yang menyerang orang yang sudah lanjut usia.

BACA JUGA:Hampir Mirip Dengan Daun Seledri, Berikut Sederet Manfaat Daun Ashitaba Untuk Kesehatan

5. Membantu menurunkan berat badan

Ikan teri kaya akan protein yang dapat membuat perut kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebih. 

Inilah yang membuat manfaat ikan teri mampu menurunkan berat badan.

6. Mendukung tumbuh kembang anak

Ikan teri juga cocok dikonsumsi oleh anak-anak. Manfaat ikan teri dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak berkat kandungan nutrisi yang lengkap di dalamnya, yaitu protein, mineral, dan asam lemak omega-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: