Tercatat Sebagai Jamur Tertua di Dunia, Kenali 8 Manfaat Jamur Lingzhi yang Sayang Dilewatkan

Tercatat Sebagai Jamur Tertua di Dunia, Kenali 8 Manfaat Jamur Lingzhi yang Sayang Dilewatkan

Spesies jamur yang tercatat sebagai jamur herbal tertua di dunia ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jamur Lingzhi, juga dikenal sebagai Reishi atau Ganoderma lucidum, telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama ribuan tahun. 

Manfaat jamur lingzhi atau jamur reishi telah tercatat sebagai obat tradisional di negara-negara Asia sejak 2.000 tahun lalu. 

Spesies jamur yang tercatat sebagai jamur herbal tertua di dunia ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jamur lingzhi memiliki ciri khas berwarna cokelat keunguan, bertangkai panjang, dan berbentuk seperti kipas. 

Jamur yang dapat tumbuh di daerah panas dan lembap ini berasal dari kawasan Tiongkok, Jepang, dan Amerika Utara yang juga dibudidayakan di kawasan Asia.

BACA JUGA:Manfaat Tak Makan Malam Bagi Tubuh, dr Zaidul Akbar: Dicontohkan Langsung Rasulullah SAW

Jamur lingzhi digambarkan sebagai jamur yang sulit dimasak, berstruktur keras, dan terasa pahit. Meski begitu, manfaat jamur lingzhi, khususnya untuk kesehatan cukup beragam. 

Jamur lingzhi mengandung karbohidrat, lemak, serat, protein, dan mineral. Jamur yang bernama Latin Ganoderma lucidum ini juga mengandung molekul bioaktif polisakarida, peptidoglikan, dan triterpenoid.

Berkat beragam kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, tak heran jika jamur ini dipercaya sebagai alternatif pengobatan yang ampuh menyembuhkan sejumlah penyakit. 

Ada beberapa manfaat jamur lingzhi untuk kesehatan yang bisa didapatkan:

BACA JUGA:Ramuan Alami Agar Otak Makin Pintar, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

1. Menjaga kekebalan tubuh

Jamur lingzi memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jamur lingzi mampu mengurangi peradangan dan mengendalikan respon imun. 

Kedua hal ini penting agar kekebalan tubuh tetap kuat. Manfaat ini berasal dari kandungan polisakarida, triterpenoid, alkaloid, dan protein.

2. Mengontrol tekanan darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: