Tercatat Sebagai Jamur Tertua di Dunia, Kenali 8 Manfaat Jamur Lingzhi yang Sayang Dilewatkan

Tercatat Sebagai Jamur Tertua di Dunia, Kenali 8 Manfaat Jamur Lingzhi yang Sayang Dilewatkan

Spesies jamur yang tercatat sebagai jamur herbal tertua di dunia ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.-Pinterest -

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Kenali 6 Manfaat Daun Keji Beling untuk Kesehatan

6. Mencegah penuaan dini

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sejumlah komponen pada jamur lingzhi memiliki efek antipenuaan. Komponen tersebut adalah polisakarida, triterpen, peptida, dan peptida polisakarida. 

Senyawa antioksidan yang terkandung pada jamur ini juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari dampak radikal bebas. 

7. Mengurangi gejala alergi

Jamur lingzi juga berpotensi baik untuk alergi. Dalam hal ini, jamur membantu mengendalikan respons pada pengidap alergi.

Selain itu, jamur ini juga berperan sebagai anti-inflamasi atau mengurangi peradangan. Nah, peradangan berkepanjangan merupakan salah satu penyebab yang berkaitan dengan alergi.

BACA JUGA:Enak dan Bernutrisi, Inilah 8 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

8. Menurunkan risiko penyakit jantung

Jamur lingzi baik untuk kesehatan jantung karena membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida.

Kandungan polisakarida dan triterpenoid pada jamur ini berpotensi menghambat pembentukan kolesterol, membantu menurunkan tekanan darah, dan bersifat antioksidan yang baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung.

Nah, itulah manfaat jamur lingzi untuk kesehatan. Jika Anda ingin mengonsumsi jamur lingzhi dalam bentuk suplemen atau obat herbal, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: