Inilah Manfaat Daun Bawang, Mulai dari Memperkuat Kekebalan Tubuh Hingga Cegah Risiko Penyakit Mematikan

Inilah Manfaat Daun Bawang, Mulai dari Memperkuat Kekebalan Tubuh Hingga Cegah Risiko Penyakit Mematikan

Beragam manfaat daun bawang untuk kesehatan -Pinterest -

Manfaat ini berkat senyawa aktif allicin, quercetin, asam amino, fenol, dan tanin di dalam daun bawang yang bersifat antiradang.  

BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Backpacker? Ini Dia Keuntungan, Risiko, Hingga Tipsnya

6. Menurunkan kadar kolesterol

Ada kabar baik bagi yang menderita kolesterol tinggi, nih. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa kandungan serat serta allicin pada daun bawang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).   

Oleh karena itu, jika kamu menderita kolesterol tinggi, mulailah menambahkan daun bawang dalam menu sehari-hari.

Untuk memaksimalkan manfaat daun bawang ini, kamu juga perlu rutin olahraga, mengurangi makanan berlemak, serta perbanyak makan sayur, buah, dan kacang-kacangan, ya. 

7. Mengontrol tekanan darah tinggi 

Tak hanya bisa menurunkan kadar kolesterol, daun bawang juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat daun bawang ini berkat kandungan senyawa allicin dan kalium di dalamnya. 

BACA JUGA:Jangan Lengah! Tanda-Tanda Kurang Darah yang Jarang Disadari

Kedua kandungan di dalam daun bawang ini mampu menjaga pembuluh darah tetap lentur dan mengontrol kerja otot jantung, sehingga tekanan darah bisa tetap terkontrol dan stabil di kisaran normal.  

8. Mengurangi risiko terkena diabetes

Daun bawang memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit diabetes. Senyawa allicin dalam daun bawang diketahui memiliki efek antidiabetes. 

Ditambah lagi, daun yang kerap menjadi isian martabak telur ini mengandung karbohidrat kompleks, yakni jenis karbohidrat yang lebih lama dicerna tubuh sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang drastis. 

Oleh karena itu, rutin mengonsumsi daun bawang bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes.  

BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Backpacker? Ini Dia Keuntungan, Risiko, Hingga Tipsnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: