Ini Dia Bahaya Makanan yang Mengandung Gluten

Ini Dia Bahaya Makanan yang Mengandung Gluten

Pencernaan bisa terganggu jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah gluten. gluten biasanya digunakan untuk memberikan tekstur yang kenyal untuk adonan makanan. Bahan ini memang tergolong aman untuk dikonsumsi. Meski demikian, gluten juga bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, beberapa orang dengan kondisi medis tertentu tidak dapat mengonsumsi gluten. Karena itu, beberapa makanan diberi label bebas gluten atau gluten free. Nah, biar lebih paham lebih detail mengenai makanan yang mengandung gluten, yuk baca artikel ini sampai selesai!

BACA JUGA:Banyak Terima Aduan Masyarakat, Pemkot Tegaskan Tarif Parkir Tabut Tetap Sesuai Perda

Apa itu gluten?

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, gandum, dan sebagainya. Umumnya gluten bersifat melekat untuk  membantu menjaga makanan tetap menempel serta menjaga bentuk makanan tersebut. Dalam gluten, terdapat dua jenis protein utama, yaitu glutenin dan gliadin. Jika kamu mencampur gluten dengan air, protein gluten membentuk jaring lengket dengan tekstur seperti lem. Elemen yang seperti lem ini biasanya membuat adonan makanan menjadi elastis dan memungkinkan roti mengembang saat dipanggang, serta membuatnya kenyal.

Mengapa gluten harus dihindari?

Banyak ahli yang menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gluten. Hal ini karena gluten dipercaya dapat membahayakan kesehatan. Ada beberapa efek  gluten yang perlu kamu ketahui, seperti:

Gangguan pencernaan

Pencernaan bisa terganggu jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Peptida yang diserap dari makanan yang mengandung gluten membuat pencernaan bermasalah. Oleh karena itu, hindari atau kurangi bahan dengan kandungan gluten yaa!

BACA JUGA:PLN Perkuat Kolaborasi Global, Gandeng USAID untuk Akselerasi Transisi Energi

Malnutrisi

Selain masalah pencernaan, saat kamu terlalu sering makan makanan yang mengandung gluten, penyerapan beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan berkurang. Dampaknya, malnutrisi dapat terjadi. Bukan hanya itum beberapa organ dalam tubuhmu pun bisa mengalami malfungsi. 

Sakit tenggorokan

Organ lain yang terkena terlalu banyak gluten adalah tenggorokan. Kandungan gluten dapat mengiritasi tenggorokan dan membuatmu sulit makan. Tidak mau hal ini terjadi padamu,  kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: